Plus Minus Vaksin Covid-19 yang Disuntikkan ke Jokowi

Image title
13 Januari 2021, 16:19
vaksin virus corona, jokowi, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Katadata
Presiden Indonesia Joko Widodo melakukan vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Rabu (13/1/2021). Jokowi menggunakan vaksin virus corona buatan Sinovac BioTech.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi orang pertama penerima vaksin virus corona di Indonesia. Dia mendapatkan vaksin Covid-19 yang dikembangkan perusahaan Tiongkok, Sinovac Biotech. 

Menurut Manajer Proyek Senior Bio Farma Neni Nurainy vaksin virus corona buatan Sinovac memiliki efikasi sebsar 65,3% berdasarkan data sementara uji klinik di Bandung.  Angka tersebut lebih rendah dari efikasi vaksin Moderna atau Pfizer yang mencapai lebih dari 90%.

Meski begitu, dia menyebut vaksin Sinovac memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya dikembangkan dengan metode inactivated virus.

Metode tersebut sudah digunakan secara luas dalam pembuatan vaksin selama puluhan tahun.  Sehingga sudah teruji aman dalam pembuatan vaksin.

Masyarakat secara global pun sudah terbiasa menggunakan vaksin yang dibuat dengan metode inactivated virus. Beberapa vaksin yang dibuat dengan metode tersebut di antaranya vaksin flu dan polio

Neni pun menyebut material vaksin Covid-19 buatan Sinovac lebih sederhana karena menggunakan metode tersebut. Dia menyebut vaksin yang dikembangkan di Tiongkok itu hanya berisi alumunium, buffer, dan vaksin yang tidak aktif.

"Tidak ada pengawet dan kandungan materi lainnya," kata Neni dalam acara  Diskusi ALMI Scientist Series O1 yang dilaksanakan secara virtual pada Rabu (13/1).

Meski begitu, pengembangan vaksin menggunakan virus yang tidak aktif membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal itu menjadi salah satu kekurangan vaksin Sinovac. 

Terlebih lagi jika dibandingkan dengan perusahaan farmasi lain yang mengembangkan vaksin virus corona dengan teknologi terkini. Seperti AstaZeneca dengan viral vector dan Pfizer serta Moderna dengan teknologi messenger RNA.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...