Tidak Hanya Indonesia, Turki dan Brasil juga Gunakan Vaksin Sinovac

Image title
15 Januari 2021, 14:00
vaksin virus corona, sinovac, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.
Petugas medis mempersiapkan vaksin COVID-19 Sinovac dalam vaksinasi tahap pertama di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar, Bali, Kamis (14/1/2021). Vaksinasi buatan sinovac dipesan oleh Indonesia, Brasil, dan Turki untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang menggunakan vaksin virus corona buatan Sinovac Biotech. Turki dan Brasil juga menggunakan vaksin dari perusahaan Tiongkok tersebut.

Minat terhadap vaksi Sinovac tidak turun meskipun banyak ilmuwan di negara Barat menyatakan perusahaan tersebut terlambat mempublikasikan data hasil uji klinik. Selain itu, hasil efikasi dalam uji klinik di tiga negara berbeda-beda.

Namun, Indonesia, Turki, dan Brasil tetap menggunakan vaksin tersebut. Indonesia memulai program vaksinasi pada Rabu (13/1). 

Presiden Indonesia Joko Widodo menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin Sinovac. “Vaksinasi penting untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 dan memberikan perlindungan kepada kita dan keselamatan bagi seluruh masyarakat Indonesia serta membantu mempercepat pemulihan ekonomi,” ujar Jokowi seperti dilansir dari Reuters pada Jumat (15/1).

Indonesia sudah memiliki 3 juta vaksin Sinovac dan berharap memiliki 30 juta dosis pada akhir Maret 2021. Sejauh ini, Indonesia memesan 122 juta dosis hingga 2022.

Langkah Indonesia disusul Turki yang memulai program vaksinasi pada Kamis (14/1). Negara tersebut memberikan vaksin kepada lebih dari 200 ribu orang dalam beberapa jam. Jumlah tersebut lebih besar dari orang yang memperoleh vaksin di Peranci dalam tiga pekan. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...