Antisipasi Penularan Covid-19 Pada Anak-anak

Image title
15 Januari 2021, 18:45
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Ampelsa/rwa.
Murid antre mencuci tangan sebelum memasuki ruangan belajar di Sekolah Dasar Negeri 1 Banda Aceh, Aceh, Senin (11/1/2021). Penularan Covid-19 pada anak-anak semakin banyak.

Satgas Penanganan Covid-19 menyebut anak usia sekolajhsemakin banyak terinfeksi virus corona. Jumlahnya mencapai 59.776 atau 8,87% dari total kasus di Indonesia.

Adapun pasien dengan rentang usia 7-12 tahun atau anak SD menyumbang angka terbanyak dengan persentase 29,8%. Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono mengatakan penting bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk anak-anak, mengetahui informasi dan langkah-langkah pencegahan Covid-19. 

Salah satu caranya dengan mamasukkan modul-modul tentang Covid-19 dalam pembelajaran daring. Dengan cara tersebut, anak-anak bisa memahami pentingnya protokol kesehatan. Bahkan, anak-anak dapat mengingatkan orang tua untuk menjaga protokol kesehatan.

"Kalau ada apa-apa di keluarga, jangan semua dibebankan pada orang tua,” ujar Pandu dalam Katadata Virtual Series bertajuk "Mencegah Penularan Covid-19 Kepada Anak-anak", Jumat (15/1).

Selain itu terdapat beberapa upaya untuk mengantisipasi penularan Covid-19 terhadap anak. Salah satunya meningkatkan kewaspadaan orang tua saat beraktivitas di luar rumah seperti bekerja. Sebab, aktivitas di luar rumah berpotensi terinfeksi virus dan menularkannya pada keluarga di rumah.

Jika terpapar Covid-19, Pandu mengimbau para orang tua tidak isolasi mandiri di rumah. Terutama jika tidak ada rumah yang bisa digunakan untuk memisahkan diri dengan anggota keluarga lain selama 10-14 hari.

Jika masih dalam satu rumah yang sama, isolasi mandiri justru berpotensi menularkan virus pada anak-anak dan membentuk klaster keluarga.“Lebih baik yang positif (Covid-19) dikumpulkan dan dipisahkan dengan yang lain,” ujarnya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...