Kematian Anak Akibat Covid-19 di RI Lebih Tinggi Daripada AS dan India

Image title
15 Januari 2021, 19:39
covid-19, virus corona, pandemi, pandemi jakarta, gerakan 3M, anak-anak
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Ilustrasi, petugas membawa peti berisi jenazah yang meninggal dunia karena COVID-19 untuk dimakamkan di TPU Srengseng Sawah, Jakarta, Jumat (15/1/2021). Jumlah kematian anak-anak akibat Covid-19 di Indonesia melebihi Amerika Serikat dan India.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat angka kematian anak-anak akibat Covid-19 mencapai 21.237 orang pada 1 Desember 2020.

Dari jumlah tersebut, 0,9% merupakan anak berusia 0-5 tahun dan 1,7% anak-anak berusia 6-18 tahun. Persentase tersebut lebih tinggi dari Amerika Serikat dan India yang merupakan dua negara dengan total kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

Di Amerika Serikat, hanya 0,21% dari seluruh kasus kematian akibat corona merupakan anak-anak. Sedangkan India hanya mencatat 1% kasus kematian akibat corona merupakan anak-anak berusia di bawah 18 tahun.

Menurut Epidemiolog Universitas Indonesia Pandu Riono, data bahkan relatif lebih rendah dari pada kondisi di lapangan. Sebab, data tersebut berdasarkan tes yang ada. Padahal, masih ada masyarakat yang belum memeriksakan dirinya ke pusat kesehatan.

Adapun tingginya kasus kematian pada anak-anak disebabkan tingkat penularan Covid-19 yang cukup tinggi. Terutama dalam klaster keluarga yang menjadi penyebab utama infeksi virus corona pada anak-anak.

Meski begitu, Pandu menyebut pemerintah belum memebrikan perhatian khusus pada klaster keluarga dan kasus Covid-19 pada anak-anak. Penularan virus corona antar anggota keluarga dianggap tidak penting dibandingkan penyebaran yang terjadi secara masif (super spreeder) seperti di pasar atau sekolah.

"Padahal yang paling banyak itu micro spreeder, penularan lingkungan kecil tapi kalau jumlahnya banyak akan melebihi super spreeder,” ujar Pandu dalam Katadata Virtual Series bertajuk "Mencegah Penularan Covid-19 Kepada Anak-anak", Jumat (15/1).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...