Gelombang Baru Covid-19 di Tiongkok Berasal dari Kasus Impor

Image title
16 Januari 2021, 18:52
tiongkok, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/cnsphoto /rwa/cf
Warga memberikan formulir untuk menerima vaksin penyakit virus corona (COVID-19) di Beijing, China, Minggu (3/1/2021). Kasus Covid-19 di Tiongkok kembali meningkat yang diklaim karena pelaku perjalanan dari luar negeri dan impor makanan beku yang terkontaminasi.

Kasus Covid-19 di Tiongkok terus meningkat. Komisi Kesehatan Nasional (NHC) Tiongkok menyebut lonjakan kasus itu terjadi karena pelaku perjalanan dari luar negeri dan impor makanan beku yang terkontaminasi.

Di sisi lain, Menteri NHC Ma Xiaowei mengatakan virus corona itu telah menyebar ke daerah pedesaan. Itu terjadi setelah pemerintah melonggarkan tindakan dan pengendalian pandemi.

Advertisement

Penyebaran virus pun ditemukan dari kegiatan pesta pernikahan atau pertemuan kelompok besar. Hal itu pun menimbulkan kekhawatiran karena Tiongkok akan menghadapi Tahun Baru Imlek sebulan lagi.

Adapun negara tersebut mencatat lonjakan kasus Covid-19 tertinggi dalam 10 bulan terakhir pada pekan ini. Pada 15 Januari 2021, Tiongkok melaporkan 130 kasus virus corona, dibandingkan 144 kasus sehari sebelumnya.

Dari angka tersebut, 130 merupakan infeksi lokal, 90 di antaranya berada di provinsi Hebei di sekitar Beijing yang paling terpukul pandemi.Sebanyak 23 kasus lainnya ditemukan di provinsi Heilongjiang timur laut sementara dua kasus dilaporkan di Beijing.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement