Patroli Laut Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Riau

Image title
16 Januari 2021, 21:02
bea cukai, rokok, ilegal, hukum
ANTARA FOTO/Rahmad/wsj.
Ilustrasi, upaya penggagalan rokok ilegal. Satgas patroli laut Bea Cukai menggagalkan aksi penyelundupan rokok di Riau.

Satgas patroli laut Bea Cukai kembali menggagalkan penyelundupan rokok melalui kapal pada Jumat (15/1). Penyelundupan tersebut merupakan hasil dari informasi intelijen. 

Upaya penggagalan tersebut diwarnai aksi pengejaran. Satgas patroli laut Bea Cukai Wilayah Khusus Kepulauan Riau dan Bea Cukai Tembilahan mengejar empat buah kapal high speed craft (HSC) bermesin 6 x 250 PK tanpa nama dan satu buah kapal bermuatan orang banyak yang membawa rokok selundupan di perairan Pulau Buluh, Riau.

Advertisement

Pengejaran tersebut bermula dari kecurigaan petugas atas adanya pergerakan empat HSC yang beriringan. Petugas kemudian membututi sejak perairan Pulau Medang Lingga.

Namun, karena mereka menggunakan mesin dengan kapasitas di atas kelaziman, maka petugas tidak berhasil melakukan pencegatan.“Sekitar pukul 09.30 WIB, kapal patroli Bea Cukai kembali mengidentifikasi keberadaan HSC yang membawa rokok ilegal di perairan Sungai Bela, Indragiri Hilir dari arah Kuala Lajau," ujar Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat.

Mendapati keempat HSC tersebut melakukan perlawanan, petugas Bea Cukai memberikan peringatan melalui sirine dan perintah lisan melalui pengeras suara. Namun HSC tersebut tidak memperdulikan.

Kapal BC 10009 terus mengejar HSC yang masuk ke arah Sungai Belah, walaupun HSC tersebut melakukan manuver berbahaya.  “HSC tersebut berupaya menabrak kapal BC 10009, namun tetap dikejar hingga akhirnya anak buah kapal satu dari empat HSC tersebut kabur dengan cara melompat ke air,” kata Syarif.

Setelah berhasil dicegat, petugas mendapati sejumlah tumpukan karton berisi rokok ilegal yang ditutupi terpal di dalam kapal. Namun, upaya para penyelundup melawan hukum dengan petugas Bea Cukai tidak berhenti di situ.

Sekitar pukul 09.40 WIB dua kapal HSC lainnya yang sebelumnya sudah kabur justru kembali ke arah HSC yang tengah diperiksa petugas Bea Cukai. “Jelas ada niatan untuk merebut kembali HSC dan rokok selundupan yang sudah dikuasai Bea Cukai," kata dia.

Kapal BC 10009 dengan dibantu kapal BC 15040 dan BC 15041 mencoba menghalau kedua HSC yang kembali berupaya merebut HSC yang tengah diperiksa Bea Cukai. Selain itu, muncul kelompok atau mafia penyelundup dengan mengerahkan belasan orang menggunakan kapal pancung yang sengaja disiapkan untuk melindungi empat HSC tersebut.

Mereka melempari kapal BC 10009, BC 15040, BC 15041, dan HSC yang dikuasai Bea Cukai dengan bom molotov, mercon, serta kembang api. Tembakan peringatan beberapa kali dilakukan Satgas patroli laut Bea Cukai.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement