Eijkman akan Serahkan Bibit Vaksin Merah Putih pada Maret 2021

Image title
18 Januari 2021, 16:16
vaksin virus corona, eijkman, kemenristek, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) dan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (26/11/2019). Bambang mengatakan bibit vaksin Merah Putih pertama akan diserahkan Eijkman pada Bio Farma pada Maret 2020.

Kementerian Riset dan Teknologi atau Kemenristek/BRIN terus mengembangkan vaksin Covid-19 Merah Putih. Melalui LBM Eijkman, pemerintah akan menyerahkan satu bibit vaksin virus corona kepada Bio Farma. 

Menteri Riset dan Teknologi/BRIN, Bambang Brodjonegoro, mengatakan bibit vaksin dapat diserahkan kepada Bio Farma pada Maret 2021. Bio Farma nantinya yang akan mengolah, menguji klinik, dan memproduksi vaksin Covid-19 tersebut.

Untuk membuat bibit vaksin virus corona, Eijkman menggunakan platform protein rekombinan. Awalnya, lembaga penelitian itu menggunakan protein dari sel mamalia.

Namun, fasilitas produksi Bio Farma ternyata tidak mendukung pembuatan vaksin dari sel mamalian. Perusahaan pelat merah itu pun meminta Eijkman mengganti platform protein rekombinan menggunakan  sel ragi (yeist). Dengan kondisi tersebut, Eijkman pun harus membuat vaksin dengan dua platform secara paralel.

Di sis lain,  Kepala Eijkman Amin Soebandrio berharap penyerahan bibit vaksin pada Maret 2020 dapat diikuti percepatan uji klinik. Pemerintah menargetkan uji klinik bisa dimulai  pada kuartal VI 2021.

“Semoga bisa maju satu kuartal. Kami berharap di awal 2022 bisa mendapatkan emergency use of authorization, dan bisa mulai diproduksi massal,” ujar Amin dalam Rapat Kerja Menteri Ristek/BRIN dengan Komisi VII pada Senin (18/1).

Vaksin Merah Putih Bisa Digunakan pada 2022

Selain Eijkman, terdapat lima lembaga lain yang mengembangkan bibit vaksin virus corona dalam proyek bernama Merah Putih. Bambang pun menargetkan vaksin tersebut dapat digunakan mulai 2022.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...