Tingkat Keterisian Rumah Sakit di Jawa Lebih 70%, Banten Tertinggi

Image title
20 Januari 2021, 16:23
rumah sakit, satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri sebelum memasuki ruang isolasi hijau Rumah Sakit darurat COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). Jumlah keterisian rumah sakit rujukan di Pulau Jawa semakin menipis.

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan di Indonesia semakin menipis. Bahkan, keterisian rumah sakit di sembilan provinsi mencapai lebih dari 70%. 

Adapun enam dari sembilan provinsi tersebut berada di Pulau Jawa. Padahal jumlah rumah sakit di Pulau Jawa paling banyak dan kapasitas tempat tidur untuk pasien Covid-19 selalu ditambah.

Advertisement

Namun, tingkat keterisian rumah sakit nyaris penuh akibat kasus Covid-19 yang terus melonjak. "Kami selalu tambah tempat tidur. Kalau kasus tinggi, jangan sampai tidak bisa ditampung," ujar Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, dalam Talkshow "Covid-19 Dalam Angka" pada Rabu (20/1). 

Salah satu provinsi yang mencatatkan keterisian rumah sakit sangat tinggi yaitu DKI Jakarta dengan 86,7%. Padahal provinsi itu sempat mencatatkan BOR di kisaran 53% pada akhir Oktober 2020. 

Sedangkan keterisian rumah sakit rujukan di Jawa Barat sempat naik pada November 2020 di kisaran 80%. Kemudian perlahan turun hingga 72,4% pada pekan ini.

"Itu karena jumlah tempat tidur juga meningkat. Jawa Barat langsung menambah kapasitas tempat tidur saat kasus meningkat," ujar Dewi.

Untuk keterisian rumah sakit di Banten tercatat naik pada akhir Desember 2020. Keterisian rumah sakit rujukan Covid-19 di provinsi tersebut agak fluktuatif dibandingkan dua provinsi sebelumnya.

Tingkat BOR di provinsi tersebut sempat naik cukup signifikan pada Oktober 2020. Namun, turun pada November tahun lalu, dan kembali naik mulai akhir tahun lalu hingga kini di kisaran 87%. Angka tersebut merupakan yang tertinggi di Indonesia. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement