Oxford-AstraZeneca Kembangkan Vaksin untuk Varian Baru Virus Corona

Image title
21 Januari 2021, 10:29
vaksin virus corona, oxfrod, astrazeneca, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Heathcliff O'Malley/Pool /WSJ/dj
Perdana Menteri Inggris Boris Johson berada di luar ruangan dimana para teknisi membuat vaksin COVID-19 AstraZeneca di Oxford Biomedica, di Oxford, Inggris, Senin (18/1/2021). Oxford bersama AstraZeneca mengembangkan vaksin untuk menangkal varian baru Covid-19.

Ilmuwan Oxford kembali mengembangkan vaksin virus corona. Hal itu untuk memerangi varian baru Covid-19 yang lebih menular. 

Varian baru Covid-19 ditemukan di Inggris, Afrika Selatan, dan Brasil. Namun, ilmuwan menduga varian dari hasil mutasi virus itu telah menyebar ke banyak negara. 

Advertisement

Hal itu pun mendorong ilmuawan dan perusahaan farmasi meneliti kembali vaksin virus corona. Seperti Oxford dan AstraZeneca Plc yang tengah melaksanakan studi kelayakan untuk mengkonfigurasi ulang teknologi dalam pembuatan vaksin ChAdOx yang mereka kembangkan sebelumnya. 

Di sisi lain, seorang juru bicara Universitas Oxford mengatakan kepada surat kabar The Telegraph bahwa pihaknya dengan hati-hati menilai kekebalan vaksin dan mengevaluasinya terhadap mutasi virus corona. Hal itu untuk memastikan vaksin dapat efektif mencegah Covid-10 dari varian baru virus corona. 

Secara terpisah, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan pada Rabu (20/1) bahwa regulator obat-obatan  bakal siap memberikan persetujuan untuk versi baru vaksin Covid-19 yang dirancang untuk melawan varian baru virus corona.

Selain Oxford dan AstraZeneca, Pfizer dan BioNTech juga meneliti lebih lanjut kekebalan vaksin mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa vaksin virus corona Pfizer-BioNTech terbukti efektif terhadap varian baru virus corona yang ditemukan di Inggris.

Dengan begitu, vaksin tersebut dapat memberikan perlindungan terhadap ancaman virus yang lebih mudah menyebar. Hasil menggembirakan tersebut didapat dari analisis darah 16 peserta uji coba yang telah menerima vaksin Pfizer.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement