Pfizer-BioNTech Akan Pasok Vaksin Covid-19 ke COVAX

Image title
22 Januari 2021, 10:28
vaksin virus corona, pfizer, biontech, who, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
Antara
Vaksin virus corona buatan Pfizer-BioNTech. Pfizer berencana memasok vaksin melalui COVAX yang lembaga bersama yang digagas oleh WHO.

Pfizer dan BioNTech disebut-sebut setuju memasok vaksin virus corona ke COVAX, lembaga vaksin bersama yang digagas WHO. Dengan begitu, COVAX memiliki lebih banyak dosis vaksin Covid-19 untuk didistribusikan ke negara-negara dengan ekonomi miskin dan menengah. 

Meski begitu, jumlah vaksin dan harga yang ditawarkan Pfizer-BioNTech ke COVAX belum diumumkan secara resmi. Sumber Reuters menyebutkan perusahaan itu kemungkinan akan memberikan jatah yang relatif kecil. Sebab, Pfizer-BioNTech telah memiliki perjanjian menyuplai ratusan juta dosis vaksin ke negara-negara kaya.

Terakit hal tersebut, BioNTech menolak berkomentar dan Pfizer tidak memberikan jawaban kepada Reuters. Juru bicara WHO dan aliansi vaksin GAVI, yang turut memimpin skema COVAX, juga menolak berkomentar.

Namun Penasihat senior WHO Bruce Aylward pada Senin (18/1) menyatakan bahwa COVAX berada dalam diskusi yang sangat rinci dengan Pfizer.  Dia pun berharap perusahaan itu segera bergabung dengan COVAX.

Rencananya, COVAX akan mulai distribusi vaksin virus corona pada Februari 2021. Ukraina menjadi salah satu negara yang akan mendapatkan vaksin tersebut.

Otoritas Ukraina menyatakan pada pekan lalu bahwa pengiriman pertama vaksin Covid-19 di bawah skema COVAX dapat tiba pada paruh pertama bulan depan. Pengiriman perdana itu mencapai 210.000 dosis vaksin dari Moderna, Pfizer atau AstraZeneca.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...