Tiga Langkah Tepat Mengatasi Gejala Long Covid-19

Image title
22 Januari 2021, 19:35
long covid, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/aww.
Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri sebelum memasuki ruang isolasi hijau Rumah Sakit darurat COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). Gejala long covid dapat diatasi dengan langkah yang tepat.

Sebagian orang yang telah sembuh dari infeksi virus corona mengalami gejala long covid. Penyakit tersebut bisa berada dalam tubuh para penyintas dalam waktu lama.  

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengatakan ada beberapa gejala umum long covid seperti kelelahan dan nafas tidak lega. Ada pula gejala yang lebih berat seperti komplikasi paru, pembuluh darah, dan jantung. 

Advertisement

Agus mengatakan gejala long covid bukan sesuatu yang perlu ditakuti. Meski begitu dibutuhkan langkah yang tepat untuk mengatasi gejala tersebut. 

Langkah pertama yaitu melakukan pemeriksaan secara berkala setelah sembuh dari Covid-19. Dengan begitu, komplikasi penyakit yang muncul bisa segera diobati. 

Langkah kedua, ikuti pengobatan dari dokter. Sebab, gejala long covid yang ringan seperti batuk pun harus diatasi dengan tepat. Selain itu, obat-obatan dari dokter dapat memperbaiki kembali kerusakan organ tubuh.

“Untuk penanganan awal boleh saja diberikan obat dari apotek seperti obat batuk. Namun tetap harus ke dokter spesialis paru untuk dicari penyebabnya apa, karena kan ini kerusakan paru yang menetap,” ujar Agus dalam Katadata Forum Virtual Series "Kenapa Penyintas Bisa Mengalami Long Covid?",  Jumat (22/1).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement