Angka Kematian Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Meningkat

Image title
25 Januari 2021, 15:53
wisma atlet, rumah sakit, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ambulans memasuki Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Sabtu (9/1/2021). Jumlah keterisian tempat tidur di Wisma Atlet mencapai 77%.

Jumlah kematian akibat Covid-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran semakin banyak. Hal itu sejalan dengan menipisnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit rujukan. 

Koordinator Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Mayjen TNI Tugas Ratmono, mengatakan rata-rata pasien yang meninggal di sana biasanya hanya berjumlah satu orang dalam satu bulan. Namun, jumlahnya semakin banyak dalam beberapa waktu belakangan ini.

Hal itu terjadi lantaran pasien datang dalam kondisi berat dan harus dirujuk ke rumah sakit dengan fasilitas lebih lengkap. Namun, ruang perawatan tak kunjung di dapat dan pasien akhirnya meninggal dunia.

Adapula pasien yang datang sudah dalam kondisi gejala berat, sudah mendapatkan pertolongan yang maksimal dari tim medis RSD Wisma Atlet, namun meninggal dunia. Melihat kondisi tersebut, Tugas mengatakan bahwa pihaknya tengah memaksimalkan fasilitas ICU dan HCU untuk menangani kasus-kasus Covid-19 dengan gejala berat.

Dengan begitu, RSD Wisma Atlet akan bertransisi dari faslitas kesehatan untuk orang tanpa gejala hingga gejala ringan, menjadi orang dengan gejala ringan dan komorbid. Maka tak heran jika empat gedung di Wiswa Atlet sudah diperuntukkan bagi pasien gejala ringan dan komorbid.

Sedangkan pasien tanpa gejala dirujuk ke Wisma Atlet Pandemangan, Jakarta, atau fasilitas isolasi mandiri seperti hotel yang disiapkan pemerintah. Hal itu sejalan dengan banyaknya pasien bergejala ringan dan komorbid yang datang ke RSD Wisma Atlet Kemayoran. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...