Kasus Covid-19 di Kota Bogor Bisa Capai 11.000, Bima Arya Tambah ICU

Image title
25 Januari 2021, 21:05
bogor, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Wali Kota Bogor Bima Arya (kanan) bersama Direktur Utama RSUD Kota Bogor Ilham Chaidir (tengah) meninjau kesiapan rumah sakit darurat di wisma atlet Kota Bogor, GOR Pajajaran, Bogor, Jawa Barat, Rabu (23/12/2020). Bima menyebut kasus Covid-19 di Kota Bogor bisa mencapai 11.000 orang pada akhir 2021.

Kasus Covid-19 di Kota Bogor pada Senin (25/1) bertambah 120 orang. Total orang yang terinfeksi virus corona di sana pun mencapai 7.507. 

Walikota Bogor Bima Arya menyebut kasus Covid-19 akan terus bertambah. Pihaknya bersama Tim Epidemiologi telah menghitung dan memproyeksi total kasus Covid-19 di kota tersebut mencapai 11.000 pada akhir 2021. Angka tersebut berdasarkan asumsi tingkat efektivitas vaksin pada usia produktif mencapai 80%.

Advertisement

Dengan jumlah kasus yang semakin meningkat, kebutuhan rumah sakit pun semakin tinggi. Bima bahkan menyebut ada kebutuhan 20% ruang ICU dari total kasus Covid-19. Itu berarti, diperlukan 2.200 ruang ICU hingga akhir tahun. 

Oleh karena itu, Bima terus mengecek rumah sakit di Kota Bogor yang bisa menambah ruang ICU hingga Desember 2021. "Kalau rumah sakit sudah mentok, kami pikirkan lagi titik-titik yang bisa menambah ICu," ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya terus meningkatkan upaya pelacakan kasus untuk menekan penularan. Bima mengatakan pihaknya telah membentuk tim pelacak dan pemantau yang memiliki tugas berbeda.

Tim lacak akan menelusuri 20 kotak erat pada satu kasus baru Covid-19. Sedangkan tim pantua bertugas mengawasi kontak erat agar tidak berkeliaran. Dengan upaya tersebut, pihaknya memiliki satu data kasus Covid-19 yang akurat.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement