WHO: Vaksin Bisa Diubah Cepat untuk Atasi Varian Baru Covid-19

Image title
28 Januari 2021, 15:02
who, vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/wsj.
Petugas kesehatan menunjukkan vaksin COVID-19 Sinovac di Rumah Sakit (RS) Umum Pusri Palembang, Sumatera Selatan, Senin (25/1/2021). WHO yakin vaksin virus corona dapat beradaptasi dengan cepat untuk melawan varian baru Covid-19.

Organsisasi Kesehatan Dunia atau WHO yakin vaksin virus corona yang ada saat ini dapat mengatasi varian baru Covid-19. Sebab, vaksin dapat dibuat sesuai dengan perkembangan mutasi virus.

kepala Kedaruratan WHO Mike Ryan mencontohkan vaksin flu yang selalu diubah setiap dua kali setahun. Perubahan itu dilakukan agar vaksin efektif mencegah influenza di masyarakat.

Advertisement

“Kami mengubah komposisi vaksin flu dua kali setahun, untuk belahan bumi utara dan selatan, dan kami dapat mengeluarkan vaksin dengan sangat cepat untuk memerangi jenis flu yang dominan,"kata Ryan dikutip dari Reuters pada Kamis (28/1).

Oleh karena itu, dia tidak khawatir dengan munculnya varian virus Covid-19. Sebab, vaksin bisa dibuat mengikuti perkembangan mutasi vius.

"Jika virus ini berevolusi ke titik di mana vaksin mulai kehilangan keefektifannya, kami dapat menyesuaikan vaksin tersebut, dan saya yakin kami dapat melakukannya dengan cepat," kata dia.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement