Total Orang yang Butuh Perawatan Covid-19 di RI Capai 170 Ribu

Image title
29 Januari 2021, 18:14
covid-19, virus corona, rumah sakit, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Willy Kurniawan/WSJ/cf
Foto: Willy Kurniawan. Seorang pasien menderita penyakit virus korona (COVID-19) bernapas dengan masker non-rebreather dalam sebuah ruang isolasi di sebuah rumah sakit di Bogor, Indonesia, Selasa (26/1/2021). Jumlah orang yang tengah sakit Covid-19 di Indonesia menembus angka 170 Ribu.

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia terus meningkat. Pada Jumat (29/1), kasus Covid-19 bertambah 13.802.

Sehingga total orang yang terinfeksi virus tersebut di Tanah Air mencapai 1.051.795. Dari jumlah tersebut sebanyak 170.017 merupakan kasus aktif.

Adapun kasus aktif mengindikasikan jumlah orang terinfeksi virus corona yang membutuhkan perawatan medis. Tingginya jumlah kasus aktif tidak sebanding dengan kapasitas rumah sakit.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, jumlah tempat tidur di seluruh rumah sakit rujukan hanya mencapai 81.000. Angka tersebut kurang dari separuh jumlah kasus aktif.

Dengan kondisi tersebut, pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah tempat tidur di rumah sakit. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Prof. Kadir pada Rabu (27/1) meminta rumah sakit swasta ikut menyediakan layanan bagi pasien Covid-19.

Khusus rumah sakit di zona merah diminta menyediakan tempat tidur hingga 40% dari kapasitas. Untuk rumah sakit di zona kuning diminta sebanyak 30% dan zona hijau sebanyak 20%.

Di sisi lain , Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah juga berupaya menambah jumlah tenaga kesehatan. Meski begitu, upaya tersebut akan sia-sia jika orang yang terinfeksi virus corona terus bertambah.

"Penambahan rumah sakit dan tenaga kesehatan tidak akan cukup jika kasus Covid-19 tidak menurun," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual pada Kamis (28/1).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...