Kasus Covid-19 Tambah 12.001 Orang, Rekor Tingkat Positif di RI 36,19%

Image title
31 Januari 2021, 17:30
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, jawa barat, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Pengendara motor melintas di depan mural tentang pandemi COVID-19 di Bukit Duri, Jakarta, Sabtu (9/1/2021). Positive Rate di Indonesia mencapai rekor tertinggi dengan 36,19% yang menunjukkan laju penularan virus corona sangat tinggi dan tak terkendali.

Jumlah orang yang terinfeksi virus corona di Indonesia terus meningkat. Pada Minggu (31/1), jumlahnya bertambah 12.001 orang.

Tambahan kasus tersebut berasal dari 33.162 orang yang dites Covid-19 pada hari yang sama. Dengan begitu, positive rate Indonesia mencapai 36,19%. Angka itu merupakan rekor tertinggi sejak pandemi dan mencapai tujuh kali lipat dari standard WHO sebesar 5%. 

Advertisement

Hal itu berarti laju penularan virus corona di Tanah Air sudah sangat tinggi dan tak terkendali. Dampaknya, jumlah orang yang terinfeksi dan meninggal karena Covid-19 akan semakin banyak.

Oleh karena itu, pemerintah harus segara menurunkan laju penularan virus corona. Ahli Epidemiologi Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman, menyebut pemerintah harus bisa melacak orang yang telah tertular virus corona dengan meningkatkan jumlah tes.

Jika setiap harinya ada 10.000 kasus baru, maka jumlah tes harus mencapai 300.000 per hari. Itu sesuai dengan perhitungan WHO yang mensyaratkan 1 kasus dilacak 30 kontak erat dan kemudian dites.

Dengan cara tersebut, orang yang terinfeksi Covid-19 bisa segera mendapatkan perawatan atau isolasi mandiri. Sehingga pandemi corona di Tanah Air bisa terkendali.

Namun jika banyak orang yang terinfeksi tidak terdeteksi, kasus Covid-19 akan terus meningkat. "Itu yang menyebabkan Indonesia mengalami silent outbreak," ujar Dicky kepada Katadata.co.id pada Rabu (27/1).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement