Jokowi Kecewa PPKM Tak Efektif: Ekonomi Tertekan tapi Corona Tak Turun

Image title
31 Januari 2021, 19:28
jokowi, ppkm, psbb, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Katadata
Presiden Joko Widodo. Jokowi menyebut implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM tidak efektif karena jajarannya tidak tegas dan konsisten. Sehingga kasus Covid-19 di sejumlah provinsi melonjak.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 11-25 Januari 2021 tidak efektif. Hal itu terlihat dari mobilitas masyarakat masih tinggi dan sejumlah provinsi masih mencatatkan kenaikan kasus Covid-19

Menurut Jokowi, esensi dari PPKM yaitu membatasi mobilitas masyarakat. Namun, implementasinya tidak berjalan sempurna karena aparat tidak tegas dan konsisten. 

"Ini hanya masalah implementasi, sehingga saya minta betul-betul turun ke lapangan, ada di lapangan," kata Jokowi dalam rapat terbatas tentang Pendisiplinan Melawan Covid-19 pada jumat lalu (29/1), yang videonya baru diunggah dan dipublikasikan di akun Youtube Sekretariat Presiden pada Minggu (31/1) ini.

Berdasarkan kondisi tersebut, Jokowi meminta para bawahannya untuk mempersiapkan strategi yang lebih praktis dan sederhana dalam mengedukasi masyarakat, terutama di provinsi-provinsi prioritas. Apalagi terkait penerapan protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Perlu juga menyediakan masker yang sesuai standar kesehatan. Jadi, ketika ada masyarakat yang tidak menggunakan masker, bisa diberikan oleh pemerintah sekaligus diedukasi terkait protokol kesehatan. 

Selain itu, perlu menghitung dan membuat formula yang berat dalam menghadapi pandemi corona. Tujuannya agar pelaksanaan PPKM lebih baik bersamaan dengan datangnya vaksin virus corona pad Februari mendatang. 

Secara khusus, Jokowi meminta Menteri Agama menyiapkan strategi untuk melibatkan tokoh-tokoh agama dalam membantu pelaksanaan PPKM. Begitu juga dengan TNI dan Polri untuk menyiapkan strategi implementasi PPKM.

Selain itu, menteri koordinator diminta mengatur sinergi antar-kementerian, TNI, dan Polri dalam implementasi PPKM ke depan. "Saya ingin Menko juga mengajak sebanyak-banyaknya pakar epidemiologi agar mendesain kebijakan ebtul2 bisa lebih komprehensif."

Di sisi lain, Jokowi mengingatkan agar jajarannya hati-hati terhadap penurunan ekonomi. Meskipun tidak  mempermasalahkan jika ekonomi turun, asalkan jumlah kasus positif Covid-19 ikut turun. "Sebenanya tidak apa-apa asal Covid-nya turun, tapi ini kan tidak," ujarnya. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...