Hati-hati Makan Bersama demi Terhindar dari Covid-19

Image title
1 Februari 2021, 09:11
satgas covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, hati-hati makan bersama, media lawan covid19
Kampanye Media Lawan Covid-19
Ilustrasi, makan bersama bisa jadi celah penularan Covid-19. Media Lawan Covid-19 mengampanyekan "Hati-hati Makan Bersama" agar terhindar dari virus corona.

Gerakan Media Lawan Covid-19 kembali meluncurkan konten edukasi bersama bertajuk “Hati-hati Makan Bersama” pada Senin (1/2). Kampanye bersama itu dilaksanakan untuk meredam luasnya penyebaran Covid-19 di Indonesia yang telah menjangkiti lebih dari 1 juta orang. 

Tema kampanye “Hati-hati Makan Bersama” kali ini dipilih karena sangat penting untuk segera disosialisasikan secara masif. Mengingat terus menanjaknya angka positif Covid-19 di berbagai daerah.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, juga mengingatkan masyarakat untuk mewaspada saat makan bersama karena bisa menjadi celah penularan. Dalam siaran pers Satgas Penanganan Covid-19 pada 23 Januari 2020, Doni meyakini dirinya terpapar Covid-19 saat makan bersama karena mengharuskannya melepas masker.

Peristiwa itu terjadi saat Doni memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan selama satu pekan. Padahal, selama 11 bulan sejak menangani pandemi Covid-19, ia selalu melakukan protokol kesehatan secara ketat.

Epidemolog Universitas Indonesia yang juga Juru Bicara Nasional Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, juga menyebut ada penelitian yang menemukan indikasi penularan kepada sejumlah tenaga kesehatan saat makan. Hal itu terjadi karena mereka terpaksa membuka masker.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, Media Lawan Covid19 merasa perlu untuk mengkampanyekan gerakan  “Hati-hati saat Makan Bersama”. Dengan harapan seluruh masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan.

Masyarakat juga diimbau mematuhi protokol kesehatan saat makan bersama, yaitu minimalkan jumlah orang dengan maksimal seperempat kapasitas ruang makan, pilih ruang terbuka dengan sirkulasi udara lancar, jaga jarak 1,5 meter jika bersebelahan dan 2 meter jika berhadapan, jangan berbicara saat makan, jika ingin berbicara gunakan masker, dan batasi waktu makan hanya 30 menit.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...