Vaksin AstraZeneca Segera Tiba di RI, Bisa Disuntikkan ke Lansia

Image title
1 Februari 2021, 15:08
vaksin virus corona, astrazeneca, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, kementerian kesehatan
AstraZeneca
Ilustrasi, vaksin AstraZeneca. Indonesia akan menerima hinga 23,1 juta vaksin virus corona dari AstraZeneca.

Indonesia akan mendapatkan tambahan pasokan vaksin virus corona AstraZeneca hingga 23,1 juta pada tahun ini. Vaksin tersebut bisa disuntikan pada penduduk berusia lanjut (lansia).

Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi mengatakan vaksin AstraZeneca akan melengkapi pasokan vaksin yang sudah ada. Terutama untuk kelompok usia di atas 60 tahun. 

"Vaksin AstraZeneca merupakan salah satu vaksin yang dapat digunakan pada usia 60 tahun keatas yang kita ketahui di mana kelompok ini memiliki angka kematian tertinggi,” kata Nadia dalam siaran pers pada Senin (1/2).

Di sisi lain, Nadia menyebut, tambahan pasokan vaksin dari AstraZeneca merupakan keberhasilan diplomasi Indonesia. Melalui COVAX, Indonesia bisa mendapatkan akses vaksin gratis dan dalam waktu yang cepat.

Adapun COVAX merupakan skema kerjasama multilateral antara World Health Organization (WHO) dan Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI). Sesuai dengan surat dari GAVI tertanggal 29 Januari 2021, Indonesia bisa mendapatkan vaksin Covid-19 dari AstraZeneca sebanyak 13,7 juta hingga 23,1 juta dosis.

Vaksin tersebut bakal dikirimkan melalui dua tahap, yaitu sebanyak 25-35% dari alokasi tahap awal pada kuartal I 2021, dan 65-75% pada kuartal II tahun ini. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi pun telah berkoordinasi dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin guna menindaklanjuti persiapan pengiriman vaksin. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...