Kasus Covid-19 di RI Bertambah 10.994, Tingkat Positif Capai 34,57%

Image title
1 Februari 2021, 17:44
covid-19, virus corona, jakarta, jawa barat, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.
Sejumlah warga mengikuti tes usap (swab) di Puskesmas Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (6/1/2021). Jumlah tes yang turun menyebabkan penemuan kasus baru Covid-19 lebih sedikit dibandingkan hari sebelumnya.

Kementerian Kesehatan mencatat tambahan kasus baru Covid-19 di Indonesia pada Senin (1/2) sebesar 10.994. Sehingga total orang yang terinfeksi virus corona di Tanah Air mencapai 1.089.308.

Meskipun penambahan kasus baru pada hari ini lebih kecil dari hari sebelumnya yang mencapai 12.001, tingkat positif atau positive rate di Indonesia masih cukup tinggi. Dengan tambahan 31.893 orang dites, tingkat positif di Tanah Air pada hari ini mencapai 34,47%.

Sedangkan berdasarkan data KawalCovid19, rata-rata tingkat positif dalam sepekan terakhir mencapai 29,35%. Angka tersebut pun mencapai 6-7 kali lipat dari standar WHO sebesar 5%. Hal itu menunjukkan laju penularan virus corona di Tanah Air tak terkendali.

Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Caranya dengan menerapkan 5M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan.

Di sisi lain, pemerintah juga harus meningkatkan jumlah orang yang dilacak dan dites untuk mendeteksi kasus di masyarakat. Sehingga transmisi virus dapat diputus.

Berdasarkan data worldmeter.info, total tes di Indonesia menempati ururan kedelapan di Asia dengan 9,23 juta. Namun jika jumlah tes dibagi 1 juta penduduk, Indonesia hanya menempati posisi 37 dengan 33.569.

Itu berarti, jumlah tes di Indonesia masih belum mencakup mayoritas penduduk. Meskipun secara jumlah sudah cukup besar.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...