Sejumlah Daerah Tambah Kapasitas Rumah Sakit untuk Pasien Covid-19

Image title
3 Februari 2021, 20:12
rumah sakit, jakarta, jabodetabek, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Petugas merapikan tempat tidur untuk ruang perawatan pasien COVID-19 di RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) tipe D Teluk Pucung, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (3/2/2021). Sejumlah pemerintah daerah menambah kapasitas ruang rawat untuk pasien Covid-19.

Kasus aktif Covid-19 Indonesia menjadi yang terbanyak di Asia dengan 175.236 orang per Rabu (3/2). Jika diibaratkan, jumlah kasus aktif mencapai dua kali lipat kapasitas penonton di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Banyaknya kasus aktif menunjukkan jumlah orang yang tengah membutuhkan perawatan akibat infeksi virus corona. Sedangkan kapasitas rumah sakit rujukan Covid-19 secara nasional hanya berkisar 81 ribu tempat tidur, kurang dari separuh dari jumlah orang yang sakit.

Advertisement

Dengan kondisi tersebut, sejumlah pemerintah daerah berupaya menambah jumlah tempat tidur. Seperti DKI Jakarta yang menambah tempat tidur isolasi dan tempat tidur unit perawatan intensif (intensive care unit/ICU) untuk penanganan Covid-19 di 101 rumah sakit (RS) rujukan. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut peningkatan tempat tidur di 101 RS rujukan menambah ketersediaan tempat tidur isolasi menjadi 8.074 unit dari sebelumnya 6.663 unit. Sedangkan ruang ICU menjadi 1.121 unit dari sebelumnya 907 unit.

Adapun keterpakaian tempat tidur untuk ruang isolasi mencapai 79% atau 6.364. Sedangkan ruang ICU yang terpakai sebesar 80% atau sebanyak 893.

"Sebanyak 20% merupakan warga nonJakarta," kata Riza seperti dilansir dari Antara pada Rabu (3/2). 

Selain Jakarta, Kota Bekasi juga menambah kapasitas ruang perawatan bagi pasien Covid-19. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi baru saja meresmikan RSUD tipe D di Teluk Pucung, Kecamatan Bekasi Utara.

Effendi menyebut pembukaan rumah sakit tersebut merupakan langkah penting untuk menanganai pandemi Covid-19. Apalagi rumah sakit tersebut dapat menampung 100 tempat tidur. 

Rencananya RSUD tipe D itu akan difungsikan sebagai tempat isolasi dan perawatan bagi pasien Covid-19. Sejauh ini ada empat RSUD tipe D yang dibangun Pemerintah Kota Bekasi yakni RSUD tipe D Bantargebang dan RSUD tipe D Pondokgede, RSUD tipe D Jatisampurna, serta RSUD tipe D Teluk Pucung Bekasi Utara.

Pembangunan empat RSUD itu untuk membantu masyarakat mendapatkan layanan kesehatan. "Cukup datang ke RSUD tipe D yang lokasinya dekat dengan rumah dan sengaja kita pilih agar dapat terjangkau untuk warga di wilayah kecamatan lainnya karena RSUD tipe D ini sudah cukup memadai fasilitasnya," kata Rahmat.

Di sisi lain, Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan tenda darurat untuk menangani pasien Covid-19 jika rumah sakit rujukan penuh. Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Aswarodi di Bandarlampung mengatakan pemerintah menyiapkan 10 tenda darurat yang masing-masing bisa menampung 10 orang.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement