Gubernur Anies Tak Berencana Lockdown Jakarta pada Akhir Pekan

Image title
5 Februari 2021, 18:47
anies basweda, jakarta, lockdown, karantina wilayah, ppkm, psbb, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) menyampaikan sambutan saat peluncuran Logo Jakarta Bermasker, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (3/2/2021). Anies menegaskan Pemprov DKI Jakarta tidak menerapkan karantina wilayah atau lockdown pada akhir pekan.

Gubernur DKI  Jakarta Anies Baswedan membantah akan menerapkan lockdown atau karantina wilayah pada akhir pekan. Menurut dia, berita terkait hal tersebut hanya wacana yang berkembang di masyarakat dan media. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sesuai instruksi pemerintah pusat. "Kami tidak dalam posisi mempertimbangkan, apalagi menetapkan lockdown pada akhir pekan di Jakarta. Hal itu tidak benar," kata Anies dilansir dari Youtube Pemprov DKI Jakarta pada Jumat (5/2).

Anies pun mengatakan pihaknya akan memastikan implementasi PPKM berjalan dengan baik dan tertib. Sehingga pembatasan kegiatan masyarakat dan protokol kesehatan yang berlaku dalamnya bisa dijalankan dengan tertib setiap saat.

Hal itu penting untuk mencegah penularan Covid-19 di masyarakat. Apalagi menurut dia, virus corona tak kenal waktu dan bisa menginfeksi siapa saja. 

Dia pun kembali mengingatkan agar semua masyarakat mematuhi 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan. Selain itu, dia meminta masyarakat tetap tinggal di rumah jika tidak ada keperluan mendesak atau mendasar. 

Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta akan terus melaksanakan testing, tracing, dan treatment (3T) untuk mencegah penularan virus corona, dan memastikan pasien Covid-19 segera pulih.

Perayaan Imlek di Rumah Saja 

Anies juga mengimbau masyarakat Jakarta yang merayakan Tahun Baru Imlek tidak keluar kota dan tetap di rumah. Pasalnya, bepergian ke luar kota dengan berkendara dalam waktu lama berpotensi tertular virus corona antar anggota keluarga.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...