Hasil Investigasi WHO Terkait Asal Usul Covid-19 Menuai Kritik

Image title
10 Februari 2021, 12:09
who, wuhan, tiongkok, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, gerakan 3M, internasioal
ANTARA FOTO/EUTERS/Aly Song/HP/sa.
Aly Song Peter Ben Embarek, anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang bertugas menyelidiki a-usul penyakit virus corona (COVID-19) berbicara pada konferensi pers studi bera WHO-China di sebuah hotel di Wuhan, provinsi Hubei, China. Sela(9/2/2021). Hasil investigasi WHO di WUhan mendaaptkan kritik dari politisi dan ilmuwan.

Tim dari Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyatakan virus corona muncul dari kelelawar dan bukan dari kebocoran laboratorium di Wuhan, Tiongkok. Hal itu mendapat kritik dari sejumlah politisi hingga ilmuwan.  

WHO menyebut virus corona beredar di Wuhan beberapa minggu sebelum muncul di Pasar Grosir Makanan Laut Huanan, tempat kasus pertama dilaporkan. Virus yang kemungkinan besar muncul pada kelelawar itu menyebar ke manusia melalui mamalia kecil lainnya.

Namun, WHO belum dapat mengidentifikasi spesies tersebut. Penemuan itu pun mematahkan teori bahwa virus corona berasal dari kebocoran laboratorium di Wuhan. 

Kesimpulan itu didapat dari pertemuan WHO dengan para pemimpin Institut Virologi Wuhan yang bertanggung jwab pada laboratorium canggih di kota tersebut. Padahal sejumlah ilmuwan berpendapat gagasan tersebut perlu ditelusuri. 

"Sangat tidak mungkin ada sesuatu yang bisa lolos dari tempat seperti itu," kata Peter K. Ben Embarek, seorang ilmuwan keamanan pangan WHO yang memimpin tim ahli seperti dikutip dari NYTimes.com pada Selasa (9/2).

Marion Koopmans, ahli virus dari Belanda yang merupakan bagian dari tim ahli WHO, mengatakan pihaknya harus benar-benar pergi dan mencari bukti peredaran sebelumnya di mana pun itu. Namun, beberapa ilmuwan khawatir bahwa mengalihkan perhatian ke negara lain dapat menyebabkan penyelidikan kehilangan fokus.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...