Sebanyak 21.530 Calon Penumpang Kereta Api Tes Covid-19 dengan GeNose

Image title
14 Februari 2021, 16:40
kereta api, covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Petugas memeriksa kantong nafas milik calon penumpang kereta api saat tes COVID-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (4/2/2021). PT Kereta Api Indonesia akan menggunakan GeNose di enam stasiun tambahan untuk memastikan calon penumpang tak mengidap Covid-1.

Pemeriksaan tes Covid-19 melalui GeNose cukup digemari para penumpang kereta. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat ada 21.530 calon penumpang yang telah memanfaatkan pemeriksaan GeNose pada 3-12 Februari 2021.

Direktur KAI Didiek Hartantyo mengatakan penumpang kereta api jarak jauh merasa senang dengan pemeriksaan kesehatan menggunakan GeNose. Selain proses pengambilan sampel cepat, mudah, dan tidak sakit, hasil pemeriksaan GeNose bisa diperoleh dalam waktu singkat.

"Pemeriksaan ini sebagai alternatif, karena ada pula kereta jarak jauh yang harga tiketnya Rp70.000 hingga Rp80.000. Kalau harus menggunakan rapid antigen,  biaya justru lebih mahal, bisa lebih dari Rp100.000," kata Didiek dilansir dari Antara pada Minggu (14/2).

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto menambahkan, banyak penumpang yang memanfaatkan GeNose dibanding rapid tes antigen. Rata-rata terdapat 700 hingga 900 calon penumpang per hari yang memanfaatkan pemeriksaan dengan GeNose di Stasiun Yogyakarta. 

Sedangkan untuk rapid test antigen hanya sebanyak 100 orang per hari. "Untuk libur Imlek, jumlah calon penumpang yang memanfaatkan GeNose meningkat karena ada syarat pengambilan sampel untuk libur panjang menjadi 1x24 jam, sehingga terkesan ada antrean panjang di stasiun," kata Supriyanto.

Maka tak heran jika pada Minggu (14/2), sudah ada lebih dari 1.300 calon penumpang yang mendaftar untuk melakukan pemeriksaan GeNose hingga sekitar pukul 12.00 WIB di Stasiun Tugu. Dari hasl pemeriksaan tersebut, Supriyanto mengatakan, terdapat sekitar tiga hingga empat penumpang yang dinyatakan positif Covid-19.

KAI pun bakal mengembalikan secara penuh biaya tiket jika ada calo penumpang yang positif Covid-19. Selanjutnya, KAI mengimbau calon penumpang memeriksakan diri di fasilitas kesehatan.“Sistem untuk pemeriksaan kesehatan ini pun sedang kami upayakan agar sinkron dengan sistem tiketing sehingga tidak perlu mencetak hasil,” katanya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...