Penumpang KAI Tes Corona Lebih Murah dengan GeNose, Ini Syaratnya

Image title
15 Februari 2021, 16:49
kereta api, genose, antigen, tes covid-19, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sejumlah calon penumpang kereta api antre untuk mengikuti tes cepat GeNose C19 atau Antigen di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021). KAI menyebut tes GeNose dimintai penumpang karena harganya lebih murah.

PT Kereta Api Indonesia atau KAI menyebut minat penumpang menggunakan GeNose sebagai tes Covid-19 cukup tinggi. Meski begitu, ada sejumlah syarat yang perlu dipatuhi untuk menggunakan alat tersebut.

Salah satu persyaratannya yaitu calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking kereta api jarak jauh yang sudah terbayar lunas. KAI juga menghimbau agar calon penumpang memeriksakan diri H-1 sebelum jadwal keberangkatan. Hal itu untuk menghindari calon penumpang tertinggal kereta api.  

Advertisement

Calon penumpang yang akan melaksanakan tes GeNose juga dianjurkan tidak merokok, makan, dan minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum tes. Hal tersebut untuk meningkatkan akurasi hasil pemeriksaan Covid-19.

Pada saat pelaksanaan, calon penumpang diminta untuk meniup kantong hingga penuh dan mengikuti arahan dari petugas atau petunjuk yang ada di lokasi pemeriksaan. Pada saat proses pengambilan sampel melalui hembusan napas ke dalam kantong udara, calon penumpang diwajibkan tetap menggunakan masker.

Adapun proses peniupan kantong udara dilakukan melalui bagian bawah masker dengan posisi sedikit renggangkan. Hal tersebut wajib dilakukan untuk memenuhi penerapan protokol kesehatan.

Jika ditemukan hasil tes positif, penumpang tidak diperbolehkan naik kereta dan biaya tiket akan dikembalikan penuh. Selain itu, petugas kesehatan akan mengarahkan calon penumpang ke ruang isolasi sementara sebelum diantarkan ke rumah sakit atau puskesmas untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jika hasilnya negatif, penumpang dapat melanjutkan perjalanan sesuai jadwal. Adapun hasil tes GeNose dapat digunakan di stasiun keberangkatan lainnya. Sebagai contoh bagi calon penumpang yang melaksanakan tes GeNose di Stasiun Gambir dapat menggunakan berkas hasil tes di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Kota, Bekasi atau stasiun keberangkatan lainnya.

Dari data yang ada, sebanyak 21.530 calon penumpang telah memanfaatkan pemeriksaan GeNose di Stasiun Senen Jakarta dan Stasiun Tugu Yogyakarta pada 3-12 Februari 2021. Sedangkan KAI Daop I Jakarta mencatat ada 18.600 orang  yang menggunakan alat tersebut pada periode 3-14 Februari 2021.  

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement