Mengapa Jumlah Tes Covid-19 di Indonesia Semakin Menurun?

Image title
15 Februari 2021, 18:53
tes covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, kementerian kesehatan, kemenkes, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.
Petugas Kesehatan mengambil sampel lendir dari tenggorokan saat tes usap (swab test) COVID-19 PCR massal di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Medan, di Medan, Sumatera Utara, Senin (1/2/2021). Jumlah tes Covid-19 di Indonesia terus turun sejak awal bulan ini.

Jumlah tes Covid-19 di Indonesia sejak awal Februari 2021 terus menurun. Bahkan angkanya dalam tiga hari terakhir jauh di bawah target yang ditetapkan WHO.

Organisasi Kesehatan Dunia itu menetapkan jumlah tes harus menjangkau 1 : 1.000 penduduk per pekan. Dengan penduduk Indonesia sebanyak 267 juta, jumlah tes per pekan harusnya mencapai 267.000 atau sekitar 38.000 per hari.

Advertisement

Namun, jumlah tes per Senin (15/2) hanya mencapai 19.641. Angka tersebut lebih rendah dari dua hari terakhir yang berkisar 24.000 orang per hari.

Jumlah tersebut pun jauh di bawah rata-rata dalam sepekan terakhir. Berdasarkan data dari akun Twitter @KawalCovid19, rata-rata harian orang yang diperiksa dalam tujuh hari terakhir mencapai 31.738.

Jika dibandingkan per pekan, jumlah orang yang dites pada pekan pertama Februari 2021 bisa mencapai 41.019. Sedangkan pada minggu kedua turun menjadi 32.934 per hari.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Vaksinasi Covid-19, dr.Siti Nadia Tarmizi, penurunan tes tersebut terjadi karena libur Tahun Baru Imlek. "Karena banyak laboratorium juga libur ya," kata Nadia kepada Katadata.co.id pada Senin (15/2).

Tes Antigen untuk Lacak Kasus Covid-19 Belum Berjalan

Kemenkes sebenarnya berupaya meningkatkan tes dan pelacakan untuk memutus mata rantai Covid-19. Salah satu caranya dengan menetapkan pengunaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Antigen sebagai salah satu metode dalam pelacakan kontak, penegakan diagnosis, dan skrining Covid-19 dalam kondisi tertentu.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement