WHO Beri Izin Penggunaan Darurat Vaksin AstraZeneca/Oxford

Image title
16 Februari 2021, 12:20
who, vaksin virus corona, astrazeneca, oxford, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, internasional
AstraZeneca
Ilustrasi, vaksin virus corona yang dikembangkan AstraZeneca/Oxford. WHO memberikan izin penggunaan darurat vaksin AstraZeenca/Oxford.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin virus corona yang dikembangkan oleh AstraZeneca dan Universitas Oxford. Dengan keputusan itu, vaksin dengan harga yang relatif murah bisa didistribusikan ke negara-negara berkembang. 

WHO menyetujui pmberian izin penggunaan darurat untuk vaksin AstraZeneca yang diproduksi oleh SKBio di Korea Selatan dan Serum Institute of India. Persetujuan WHO itu diputuskan setelah anggota panel memberikan rekomendasi sementara tentang vaksin tersebut.

Anggota panel menyatakan bahwa dua dosis dengan interval sekitar 8-12 minggu harus diberikan kepada semua orang dewasa. Selain itu, vaksin AstraZeneca/Oxord ternyata bisa digunakan di negara-negara dengan varian virus corona Afrika Selatan. Sehingga vaksin tersebut memenuhi kriteria keamanan da kemanjuran yang melebihi risiko efek sampingnya.

Dengan keputusan tersebut, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus berharap AstraZeneca bisa mempercepat produksi. Sehingga vaksin tersebut bisa segera didistribusikan ke banyak negara. 

Adapun AstraZeneca menargetkan produksi 300 juta dosis yang akan didistribusikan ke 145 negara melalui COVAX, inisiasi vaksinasi bersama yang digagas WHO.  “Kami sekarang memiliki semua bagian untuk distribusi vaksin yang cepat. Tapi kami masih perlu meningkatkan produksi, ” kata Tedros seperti dikutip dari Reuters pada Selasa (16/2).

Lebih lanjut, dia mengimbau para pengembang vaksin Covid-19 untuk menyerahkan berkas terkait izin penggunaan darurat ke WHO. Hal itu bisa dilakukan pada saat yang sama ketika pengembang vaksin menyerahkan berkas pada regulator obat dan makanan di negara-negara berpenghasilan tinggi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...