Cara Tepat Buang Masker Medis untuk Hindari Kerusakan Lingkungan

Image title
16 Februari 2021, 17:18
masker kesehatan, limbah, medis, sampah, satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m, protokol kesehatan
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Anggota satgas naturalisasi Ciliwung Kota Bogor mengumpulkan sampah masker medis bekas pakai, di bantaran sungai Ciliwung, Kelurahan Sukaresmi, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/2/2021). Masyarakat bisa mengelola sampah masker unntuk mengurangi limbah medis yang dapat merusak lingkungan.

Pandemi corona memaksa banyak orang untuk menggunakan masker kesehatan sekali pakai. Jika tidak dibuang dengan benar, masker bekas pakai tersebut bisa menjadi sampah yang merusak lingkungan dan berpotensi menyebarkan Covid-19.

Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Rosa Vivien Ratnawati, mengatakan ada sejumlah langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah penumpukan limbah medis dan mencegah daur ulang masker bekas pakai.

Langkah pertama yaitu semportkan disinfektan atau cuci masker sebelum dibuang. Setelah itu, potong masker dengan gunting.

Kemudian, masukkan masker ke dalam amplop khusus atau plastik untuk dibuang. Masyarkat juga bisa menghubungi puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk membuang sampah masker.

"Mereka biasanya mau menampung masker bekas pakai untuk dikelola limbahnya dengan benar," ujar Vivien dalam Webinar bertajuk "Pekan Peduli Limbah Masker Masyarakat 2021" yang ditayangkan Youtube PERMIAS Nasional pada Selasa (16/2).

Selain tiga langkah di atas, dr. Denita Biyada Utami dari Columbia University New York juga memberikan tip dalam mengelola limbah masker. Pertama, gunakan masker kain jika berada di wilayah yang tidak berisiko tinggi Covid-19.

Jika mengunakan masker medis, buang pada tempat sampah yang diberi label atau warna khusus. Selain itu, selalu bawa plastik kecil ketika berpergian untuk menyimpan masker sekali pakai hingga menemukan tempat sampah.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...