Vaksin Sinovac Efektif Melawan Varian Covid-19 dari Inggris & Afsel

Image title
18 Februari 2021, 12:12
vaksin virus corona, sinovac, pfizer, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Zabur Karuru/rwa.
Petugas kesehatan mengumpulkan botol vaksin COVID-19 produksi Sinovac yang telah digunakan saat pelaksanaan vaksinasi massal di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (31/1/2021). Vaksin Sinovac diklaim efektif melawan varian virus corona dari Afrika Selatan dan Inggris.

Pusat Biomedis Butantan menyatakan bahwa vaksin virus corona yang dikembangkan oleh Sinovac efektif melawan varian Covid-19 dari Inggris dan Afrika Selatan. Hal itu berdasarkan uji coba yang dilakukan di Tiongkok.

Namun,  Butantatn belum bisa memberikan rincian lebih lanjut tentang seberapa efektif vaksin tersebut melawan strain baru. Di sisi lain, lembaga itu sedang menguji vaksin, yang dikenal sebagai CoronaVac, terhadap virus varian Brasil.

Advertisement

"Segera kami akan mendapatkan hasil dan kami sangat yakin itu akan berhasil," kata  Kepala Pusat Biomedis Butantan di Sao Paulo, Dimas Covas, seperti dilansir dari Reuters pada Kamis (18/2).

Lebih lanjut, Covas mengharapkan CoronaVac memiliki keunggulan dibandingkan vaksin lain. Terutama karena metode pembuatan vaksinnya yang menggunakan virus corona yang tidak aktif.

Kemanjuran vaksin Sinovac khususnya terhadap strain Brasil sangat penting bagi negara tersebut. Pasalnya, Pemerintah Brasil telah mengamankan 100 juta dosis dan menjadikan vaksin itu sebagai pusat dalam kampanye vaksinasi di sana.

Varian Covid-19 dari Afsel Mengurangi Kemanjuran Vaksin Pfizer

Sejumlah ilmuwan dari University of Texas Medical Branch (UTMB) meneliti kemanjuran vaksin buatan Pfizer Inc/ BioNTech terhadap varian virus corona dari Afrika Selatan. Uji vaksin dilakukan dengan mengembangkan virus yang direkayasa mirip dengan varian Covid-19 dari Afrika Selatan.

Kemudian, virus tersebut digabungkan dengan darah yang diambil dari orang yang telah diberi vaksin Pfizer/BioNTech. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat antibodi berkurang dua per tiga dibandingkan dengan pengaruhnya pada varian virus yang paling umum di Amerika Serikat (AS).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement