Ini Alasan Kemenkes Tidak Publikasikan Data Tes Covid-19

Image title
18 Februari 2021, 15:45
kementerian kesehatan, tes covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Indrayadi TH/hp.
Petugas memeriksa beberapa sampel, di laboratorium RSUD Yowari, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (28/1/2021). Kementerian Kesehatan sedang memproses pengkinian aplikasi sehingga data tes tidak bisa diumumkan kepada masyarakat.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk pertama kalinya tidak mengumumkan jumlah spesimen dan orang yang dites Covid-19 pada Rabu (17/2). Hal itu pun menimbulkan tanda tanya di kalangan masyarakat. 

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes, Anas Maruf, menjelaskan bahwa data tes tidak bisa diumumkan karena pihaknya masih memproses pengkinian aplikasi allrecord TC19. Aplikasi tersebut digunakan untuk memasukkan data hasil tes.

Adapun proses pemuktahiran aplikasi berlangsung sejak 15 Februari 2021 hingga saat ini. Dengan kondisi tersebut, pengguna aplikasi baik fasilitas kesehatan, laboratorium, dan dinas kesehatan, mengalami hambatan dalam mengakses aplikasi allrecord TC19.

Akibatnya, data kasus konfirmasi, kasus sembuh, dan kasus meninggal dilaporkan secara berjenjang secara manual. Sedangkan data Jumlah spesimen dan orang yang diperiksa dan jumlah hasil negatif pemeriksaan RT-PCR yang biasanya diambil dari allrecord-TC19 tidak bisa diakses. 

"Sehingga tidak bisa dihitung positivity rate,” kata Anas dalam keterangan tertulis pada Kamis (18/2)

Kementerian Kesehatan pun tidak mengeluarkan angka positivity rate harian pada 17 Februari 2021. Di sisi lain, Anas berharap proses pengkinian aplikasi segera rampung sehingga bisa digunakan kembali.

Kemenkes Tingkatkan Tes Covid-19 di Kupang

Kasus positif Covid-19 di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus bertambah. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan melalui BBTKLPP Surabaya mengirimkan mobil laboratorium PCR.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...