Pfizer-BioNTech Mulai Uji Coba Vaksin Covid-19 pada Ibu Hamil

Image title
19 Februari 2021, 14:14
vaksin virus corona, pfizer, ibu hamil, covid-19, virus coroma, pandemi corona, pademi, internasional, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ilustrasi, vaksin virus corona. Pfizer menguji coba vaksin Covid-19 yang dikembangkannya kepada ibu hamil.

Pfizer Inc dan BioNTech SE memulai uji coba keamanan dan efektivitas vaksin virus corona pada wanita hamil yang sehat. Uji coba tersebut melibatkan 4.000 sukarelawan dan diproyeksi seelsai pada kuartal keempat 2021

Menurut Wakil Presiden Senior Penelitian dan pengembangan klinis vaksin untuk Pfizer, William Gruber, uji coba dilaksanakan untuk memastikan keselamatan vaksinasi pada wanita hamil. Berdasarkan data yang ada, wanita hamil dengan Covid-19 memiliki tingkat keparahan penyakit yang lebih tinggi.

Mereka juga memiliki tingkat komplikasi kehamilan yang lebih tinggi seperti kelahiran prematur, dibandingkan dengan wanita hamil yang tidak terinfeksi virus corona. Oleh karena itu, banyak pejabat kesehatan masyarakat yang merekomendasikan vaksinasi pada wanita hamil.

Meskipun, tanpa bukti bahwa vaksin Covid-19 aman untuk mereka. Regulator kesehatan Amerika Serikat (AS) menginginkan uji coba terkait hal tersebut. Keinginan itu pun disambut oleh Pfizer.  

"Kami tertarik untuk melakukan ini sejak awal, sehingga orang-orang dapat mengetahui sepenuhnya tentang profil keselamatan," kata Gruber dikutip dari Reuters pada Jumat (19/2).

Sebelumnya, regulator kesehatan di AS telah menyerukan pentingnya uji coba pada wanita hamil. Sehingga wanita hamil tidak perlu menunggu lama setelah pengembangan vaksin berhasil. 

Namun, wanita hamil dikeluarkan dari uji coba besar Pfizer di AS. Itu karena peursahaan inigin mendapatkan otorisasi penggunaan darurat vaksin Covid-19. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...