Rentan Disalahgunakan, Gunting dan Buang Masker Medis Bekas Pakai

Dwi Hadya Jayani
19 Februari 2021, 17:42
masker kesehatan, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Anggota satgas naturalisasi Ciliwung Kota Bogor mencari sampah masker medis bekas pakai di bantaran sungai Ciliwung, Kelurahan Sukaresmi, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/2/2021). Masker bekas pakai harus digunting hingga talinya agar tidak didaur ulang dan merusak lingkungan.

Masker menjadi salah satu alat mencegah penularan virus corona. Maka tak heran jika kebutuhan masker begitu besar.

Hal itu pun dimanfaatkan sejumlah orang untuk mendaur ulang masker medis bekas pakai. Sub Bidang Penanganan Limbah Medis Satgas Covid-19 Dr Lia Partakusuma mengatakan oknum tersebut akan mengumpulkan masker medis yang masih utuh. 

Kemudian, mereka menyetrika dan menjualnya kembali. Menurut Lia, banyak masyarakat yang tertipu dan membeli masker bekas pakai. 

“Jangankan masyarakat, kami dari pihak rumah sakit juga pernah kecolongan. Kok seperti masker bekas, ada sisa lipstik dan noda lain,” tambah Lia dalam Katadata Virtual Series “Gunting dan Buang Masker Bekasmu” Jumat, 19/2.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar masyarakat mengelola masker bekas pakai dengan benar. Pertama, miliki tempat penyimpanan masker bersih dan masker yang telah dipakai.

“Bisa menggunakan plastik atau amplop kertas. Usahakan masker tidak diletakkan di tempat yang berpotensi untuk menularkan,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Dwi Hadya Jayani

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...