Studi di Israel, Vaksin Pfizer 'Ampuh' Cegah Covid-19

Image title
22 Februari 2021, 13:24
covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, israel, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Amir Cohen/Pool/hp/cf
Amir Cohen/Pool. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersiap untuk menerima suntikan vaksin penyakit virus corona (COVID-19) di Sheba Medical Center di Ramat Gan, Israel, Sabtu (19/12/2020). Vaksin Pfizer efektif cegah penyakit akibat Covid-19.

Kementerian Kesehatan Israel menyatakan vaksin virus corona mampu menurunkan risiko penyakit akibat Covid-19 hingga 95,8%. Vaksin itu juga efektif mencegah demam atau masalah pernapasan hingga 98%.

Bahkan, Kementerian Kesehatan Israel menyatakan vaksin mampu mencegah rawat inap dan kematian sebesar 98,9%. Studi tersebut berdasarkan hasil vaksinasi pada orang-orang yang telah menerima dua dosis vaksin Pfizer.

Advertisement

Menurut situs Kementerian Kesehatan Israel, sekitar 1,7 juta orang telah diberikan suntikan kedua pada 30 Januari 2021. Sehingga mereka memenuhi syarat untuk dilibatkan.

Ambisisi Israel dalam upaya vaksinasi menjadikan negara tersebut sebagai pusat studi terbesar vaksinasi Covid-19 di dunia. Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada Sabtu (20/2) bahwa dia mengharapkan 95% orang Israel berusia 50 ke atas akan divaksinasi dalam dua minggu ke depan.

Laporan sebelumnya dari penyedia layanan kesehatan individu juga menunjukkan hasil positif. Dengan kondisi tersebut, Pemerintah Israel menghapus pembatasan kegiatan masyarakat.

Sekolah, pertokoan, hingga mal akan diizinkan beroperasi mulai Minggu (21/2). Toko terbuka untuk semua orang, namun pusat kebugaran, hotel, dan teater terbatas pada orang-orang yang memiliki Green Pass.  

Kementerian Kesehatan meluncurkan aplikasi Green Pass, yang ditautkan ke file medis pribadi, sebagai bukti orang telah mendapatkan dua dosis vaksin atau telah kebal setelah terinfeksi Covid-19. Orang yang memiliki Green Pass  bisa tinggal di hotel atau menghadiri acara budaya atau olahraga.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement