Jumlah Orang Meninggal Akibat Covid-19 di RI Tembus 35 Ribu Orang

Image title
23 Februari 2021, 19:02
satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Siswowidodo/wsj.
Sejumlah petugas memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Kelurahan Winongo, Kota Madiun, Jawa Timur, Selasa (23/2/2021). Jumlah orang yang meninggal akibat Covid-19 di Indonesia lebih dari 35 ribu.

Kementerian Kesehatan mencatat jumlah orang yang meninggal akibat Covid-19 pada Selasa (23/2) bertambah 323. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak rekor terakhir pada 28  Januari 2021 sebesar 476 orang. 

Mayoritas penambahan kasus meninggal pada hari ini berasal dari Jawa Tengah dengan 142 orang. Angka tersebut naik sangat signifikan dari hari sebelumnya sebesar 41 orang meninggal.

Advertisement

Selain provinsi tersebut, Jakarta dan Jawa TImur juga menyumbang angka kematian yang cukup tinggi dengan masing-masing sebanyak 45 orang. Kemudian, disusul oleh Jawa Barat dengan 23 orang.

Dengan penambahan kasus tersebut, jumlah orang yang meninggal terinfeksi virus corona mencapai 35.014. Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, kasus meninggal terutama di Jawa dan Bali memang belum menunjukkan perubahan signifikan meskipun telah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Berdasarkan catatannya, hanya Jakarta yang menunjukkan tren penurunan kasus kematian. Namun, angkanya pun hanya 0,14% dari 1,72% menjadi 1,58%.

"Perkembangan angka kematian di provinsi lain fluktuatif dan cenderung meningkat," kata Wiku dalam konferensi pers virtual pada Selasa (23/2).

Lebih lanjut, dia menyebut kasus kematian di Jawa Barat sempat menurun sebelum PPKM. Namun meningkat pada penerapan PPKM tahap kedua.

Tren kasus kematian di Bali justru naik pada PPKM tahap pertama. Kemudian turun pada PPKM tahap kedua dan ketiga.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement