Amankan Pasokan Vaksin, Pemerintah Optimistis Vaksinasi Sesuai Target

Image title
24 Februari 2021, 14:19
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, kementerian kesehatan
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Petugas menyiapkan vaksin COVID-19 sebelum disuntikkan kepada petugas PMI di Kantor PMI Kota Tangerang, Banten, Kamis (11/2/2021). Kemeterian Kesehatan optimistis program vaksinasi berjalan sesuai rencana.

Pemerintah masih optimistis program vaksinasi Covid-19 bisa berjalan sesuai rencana. Meskipun sejumlah kendala bisa menjadi hambatan pelaksanaan program tersebut. 

Salah satunya kendalanya yaitu ketersediaan pasokan vaksin virus corona. Juru Bicara Vaksin COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi mengatakan pemerintah telah berusaha mendapatkan komitmen pengiriman vaksin dari sejumlah produsen.

Advertisement

Namun, ketersediaan vaksin sangat tergantung pada kapasitas produksi dari produsen vaksin. "Ketersediaan vaksin sudah kita pesan, tinggal menunggu pengiriman," kata Nadia dilansir dari Antara pada Rabu (24/2).

Adapun jumlah vaksin yang telah didistribusikan ke masyarakat mencapai 7 juta dosis. Sedangkan orang yang telah disuntik dosis pertama hingga Rabu (23/2) mencapai 1.269.905, dan orang yang mendapat suntikan kedua mencapai 789.966.

Sehingga total dosis yang telah terpakai sebanyak 2.059.871. Itu berarti ada sekitar 6,9 juta dosis vaksin yang masih tersedia.

Meski begitu, target vaksinasi pemerintah untuk tenaga kesehatan, lansia, dan pekerja publik cukup banyak. Pemerintah menargetkan sekitar 1,45 juta tenaga kesehatan menerima vaksin sampai April 2021.

Di saat bersamaan, pemerintah mulai melaksankaan vaksinasi untuk masyarakat lanjut usia dengan target 21,5 juta orang dan petugas pelayanan publik sebanyak 16,9 juta. Sehingga pemerintah membutuhkan setidaknya 79,7 juta dosis vaksin untuk dua kali suntikan untuk tiga kelompok tersebut. 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement