Pemerintah Siapkan Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama untuk 5.000 Atlet

Image title
25 Februari 2021, 07:52
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, atlet, olahraga, olimpiade
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa.
Ilustrasi, pemain bola. Pemerintah menyiapkan vaksinasi Covid-19 tahap awal untuk 5.000 atlet, ofisial, dan tenaga pendukung.

Pemerintah menyiapkan vaksin virus corona pada tahap pertama untuk 5.000 atlet, ofisial, dan tenaga pendukung. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu akan dimulai di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/2).

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menyebut program vaksinasi tahap pertama akan difokuskan pada atlet yang akan mengikuti kejuaraan dalam waktu dekat, seperti Olimpiade Tokyo. “Atlet, pelatih, ofisial dan tenaga pendukung kami prioritaskan untuk yang akan ada kegiatan,” kata Zainudin dilansir dari Antara pada Rabu (24/2).

Advertisement

Kemudian menyusul vaksinasi tahap kedua untuk 7.000 atlet, pelatih dan ofisial. Pada tahapan ini, pemerintah akan memprioritaskan atlet-atlet yang ada di daaerah, terutama mereka yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Adapun pelaksanaan vaksinasi tahap pertama di Istora GBK, Jakarta hanya akan diikuti oleh 820 atlet, pelatih dan tenaga pendukung. Termasuk pemain sepak bola yang mengikuti turnamen pramusim Piala Menpora 2021 pada Maret 2o21.

Sedangkan atlet dan pelatih lainnya yang belum divaksinasi akan dilanjutkan di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur, tempat pelatnas cabang olahraga, atau daerah masing-masing.

Untuk vaksinasi bagi atlet daerah, kata Zainudin, akan dikoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Dinas Kesehatan provinsi, kabupaten dan kota tempat para atlet tinggal. “Sebab tidak mungkin borong semua ke Jakarta. Sementara mereka berada di daerah masing-masing,” ujarnya.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement