Penjadwalan Vaksin Lansia Belum Optimal, Satgas Perbaiki Sistem Data

Image title
25 Februari 2021, 21:14
vaksin virus corona, satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 produksi Sinovac kepada tenaga kesehatan berusia lanjut saat kegiatan vaksinasi massal dosis pertama di Rumah Sakit Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Senin (8/2/2021). Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memulai vaksinasi tenaga kesehatan di atas 60 tahun setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan vaksin tersebut untuk lansia.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia belum optimal. Terutama dalam sistem penjadwalan penerima penerima vaksin kelompok lansia. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan fasilitas kesehatan akan terus memperbaiki sistem antrean pemberian vaksin. Sehingga lansia lebih mudah mendapatkan informasi pemberian vaksinasi. 

Advertisement

"Sehingga kejadian di RSUD Kembangan bisa dihindari ke depannya," kata Wiku dalam konferensi pers pada Kamis (25/2).

Selain itu, pemerintah akan memperluas cakupan lokasi pelaksanaan vaksinasi. Dengan begitu masyarakat, terutaama lansia, yang tinggal jauh dari ibu kota provinsi bisa memperoleh vaksin di lokasi yang lebih terjangkau. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement