Mutasi Covid-19 dari Inggris Masuk RI, Pandemi Bisa Lebih Berat

Image title
2 Maret 2021, 15:48
virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, inggris, jakarta, gerakan 3M
(ANTARA/ Zubi Mahrofi)
Tangkapan layar Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono dalam konferensi pers daring peluncuran aplikasi \"Good Doctor\" di Jakarta, Senin (1/3/2021). Dante mengatakan pemerintah menemukan dua kasus Covid-19 di Indonesia yang merupakan hasil mutasi virus corona dari Inggris.

Tepat pada peringatan satu tahun Covid-19, pemerintah mengumumkan penemuan varian baru virus corona asal Inggris di Indonesia. Varian baru tersebut mampu menyebar lebih cepat.  

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menyebut mutasi virus baru bernama B1117-UK ditemukan dari dua pasien Covid-19 di Indonesia pada Senin (1/3). Temuan tersebut merupakan hasil pengecekan Kementerian Kesehatan terhadap 462 kasus infeksi virus corona di Tanah Air dalam beberapa bulan terakhir. 

Advertisement

"Kalau satu tahun lalu kita temukan pasien 01 dan 02 Covid-19, tadi malam tepat setahun ini kita menemukan mutasi B117 UK di Indonesia," kata Dante pada kegiatan seminar yang dilakukan secara daring, Selasa (2/3).

Lebih lanjut, dia mengatakan kehadiran varian baru dari Inggris itu perlu disikapi secara cepat. Pasalnya, Indonesia hingga kini belum berhasil keluar dari pandemi.

"Artinya kita akan hadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat," katanya.

Di sisi lain, dia mengatakan bahwa penemuan mutasi virus asal Inggris itu akan menjadi tantangan bagi pelaku riset. Terutama dalam mengembangkan studi epidemiologis secara analitis.

Adapun Inggris telah mengumumkan penemuan strain baru SARS-CoV-2 yang bermutasi dengan nama B117 sejak akhir tahun lalu. Ahli epidemiologi dan ahli virologi menyebut bahwa virus B117 lebih mudah menular dibandingkan dengan jenis lainnya.

Virus yang juga disebut sebagai vui202012/01 itu pun langsung menyebabkan 1.108 kasus baru di Inggris pada 13 Desember 2020. Kala itu, sebanyak 90% dari kasus positif yang ada di Inggris berasal dari varian virus B1117.

Biarpun virus itu mampu menyebar dengan sangat cepat, varian baru tersebut tidak lebih berbahaya dari virus corona sebelumnya. Para ahli cukup yakin varian B1117 tidak lebih mematikan.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement