Angka Kematian Akibat Covid-19 di RI Naik 74,8% dalam Sepekan Terakhir

Image title
2 Maret 2021, 18:18
satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) memakamkan jenazah covid-19 di TPU Pondok Rangon, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Angka kematian dalam sepekan terakhir naik 74,8%.

Satgas Penangaan Covid-19 mencatat angka kematian mingguan melonjak 1.677 atau naik 74,8%. Mayoritas penambahan kasus meninggal berasal dari Jawa Tengah dengan kenaikkan 410.

Kemudian disusul oleh Jawa Barat (117), Jawa Timur (73), Nusa Tenggara Timur (40), dan Sumatera Selatan (14). Sedangkan angka kesembuhan turun sebesar 1,8% pada minggu ini.

Advertisement

Meski begitu, Satgas mengapresiasi provinsi yang berhasil meningkatkan kesembuhan pasien Covid-19, yaitu Jawa Tengah,  Kalimantan Utara, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Kalimantan Timur. 

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito angka kenaikkan mingguan tersebut merupakan yang tertingi dalam beberapa minggu terakhir. 

Pasalnya, angka kematian sejauh ini sudah menurun. Dia pun menilai kenaikkan angka kematian disebabkan oleh proses integrasi data antara pemerintah pusat dan daerah.

"Adanya proses integrasi dapat mempengaruhi angka kematian dan kesembuhan yang mungkin mempengaruhi data aktual," ujar Wiku dalam konferensi pers virtual pada Selasa (2/3). 

Di sisi lain, kasus Covid-19 dalam sepekan terakhir justru turun 8,5%. Adapun kontribusi kasus Covid-19 tertinggi sepekan terakhir berasal dari Sulawesi Selatan. Disusul oleh Papua, Jambi, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Utara.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement