Kemenkes Akan Perbanyak Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Kota-kota Besar

Image title
5 Maret 2021, 17:56
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M, kementerian kesehatan
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/rwa.
Seorang wartawan mengikuti vaksinasi COVID-19 di SMAN 1 Indramayu, Jawa Barat, Jumat (5/3/2021). Pemerintah berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 untuk mencapai kekebalan kelompok.

Pemerintah terus berupaya mempercepat vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Hal itu untuk mempercepat tercapainya kekebalan komunitas atau herd immuity.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya akan menambah lokasi penyuntikan vaksin virus corona. Dengan begitu semakin banyak masyarakat yang divaksinasi.

Advertisement

"Kami akan lakukan akselerasi secara bertahap dengan membuka outlet-outlet,” ujar Nadia dalam Katadata Forum Virtual Series "Percepat Vaksinasi Menuju Herd Immunity" pada Jumat (5/3).

Dengan cara tersebut, Nadia berharap jumlah orang yang disuntik semakin banyak. Adapun pemerintah menargetkan bisa menyuntikkan 200 ribu dosis vaksin per hari pada bulan ini.

Kemudian, meningkat jumlahnya menjadi 500 ribu dosis per hari mulai April 2021. Pada semester kedua tahun ini ditargetkan bisa tercapai penyuntikan 1-1,5 juta dosis vaksin per hari.

Hal itu dilakukan agar target vaksinasi 140 juta orang pada paruh kedua tahun ini bisa tercapai. Sehingga proses vaksinasi 181,5 juta orang sesuai target pemerintah tercapai pada Desember 2021. 

Pemerintah pun berencana membuka titik vaksinasi di sejumlah mal di kota-kota besar yang menjadi fokus program vaksinasi. Selain itu, pemerintah menggandeng sejumlah pihak untuk membuat pusat vaksinasi di Kemayoran, Jakarta Pusat yang merupakan kerja sama dengan Halodoc dan Gojek.

Selain itu, pemerintah bakal terus melaksanakan program vaksinasi di pasar-pasar. Di sisi lain, pemerintah juga mempersiapkan pelatihan vaksinator dari kalangan tenaga kesehatan.

Halaman:
Reporter: Yosepha Pusparisa
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement