Indonesia Terima 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca dari COVAX

Image title
8 Maret 2021, 18:53
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
AstraZeneca
Ilustrasi, vaksin virus corona yang dikembangkan AstraZenca. Indonesia menerima 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca dari COVAX.

Pemerintah akhirnya menerima 1.113.600 dosis vaksin virus corona dari fasilitas COVAX. Adapun fasilitas bersama itu merupakan gagasan dari GAVI dan WHO.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menerima vaksin tersebut di Bandara Soekarno Hatta pada Senin (8/3). Dia mengatakan vaksin tersebut memiliki berat 4,1 ton dan jumlah kardus sebanyak 11.136 karton.

Dalam kesempatan tersebut, Retno juga menceritakan upaya diplomasi untuk mendapatkan vaksin dari jalur multilateral yang dimulai sejak 16 Oktober 2020 di Jenewa. Kala itu, dirinya bersama Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan surat expression of interest dari Pemerintah Indonesia kepada GAVI dan COVAX untuk mendapatkan akses vaksin multilateral.

Hal itu bertujuan agar Indonesia bisa mengamankan kebutuhan di dalam negeri. Pada saat yang bersamaan Indonesia mendukung upaya COVAX untuk memberikan akses vaksin yang setara ke semua negara.

"Prinsip ini terus kita dukung melalui posisi saya sebagai salah satu Co-Chair COVAX AMC," kata Retno dalam konferensi pers virtual pada Senin (8/3).

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...