Kasus Covid-19 B117 Sudah Menyebar ke Tiga Pulau di Indonesia

Image title
9 Maret 2021, 19:23
satgas covid-19, mutasi virus corona, b117, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Calon penumpang berjalan untuk lapor diri sebelum naik pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (23/12/2020). Terdapat enam kasus Covid-19 varian B117 yang masuk ke Indonesia dari luar negeri selama periode Januari-Februari 2021.

Pemerintah kembali menemukan kasus Covid-19 dengan varian B117 Inggris. Kasus tersebut berada di tiga pulau yang berbeda, yaitu Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan berdasarkan hasil laporan whole genom sequencing per 7 Maret 2021 ditemukan sebanyak 539 sequence genetik. Dari jumlah tersebut tersebut, sebesar 515 merupakan pelacakan sequence yang lengkap. 

Dari pelacakan tersebut ditemukan enam sample dengan varian B117 pada periode pengumpulan sample Januari-Februari 2021. Tiga sample ditemukan di DKI Jakarta, satu sample di Kalimantan Selatan, satu sample di Sumatera Utara, dan satu sample di Sumatera Selatan.

"Apa yang disampaikan ini bentuk komitmen pemerintah dalam transparansi, bukan membuat masyarakt panik," ujar Wiku dalam konferensi pers pada Selasa (9/3).

Justru dengan penemuan kasus baru B117 tersebut, lanjut Wiku, pemerintah terus berupaya memperkeat proses kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri. Hal itu untuk mencegah masuknya transmisi lintas negara atua mutasi Covid-19.

Berdasarkan Surat Edaran Ketua Satgas Nomor 8  2021, Warga Negara Asing (WNA) tidak diperbolehan masuk ke Indonesia kecuali tergolong ke dalam kriteria yang tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 26 tahun 2020 dan skema perjanjian travel corridor arrangement. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...