Sejumlah Negara Eropa Tunda Penggunaan Vaksin Covid-19 AstraZeneca

Image title
12 Maret 2021, 10:10
vaksin virus corona, astrazeneca, eropa, covid-19, virus corona, pandemi corona, gerakan 3M
AstraZeneca
Ilustrasi, vaksin virus corona AstraZeneca. Sejumlah negara Eropa menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca.

Otoritas kesehatan di Denmark, Norwegia dan Islandia pada Kamis (11/3) menangguhkan penggunaan vaksin virus corona yang dikembangkan AstraZeneca. Keputusan itu diambil menyusul adanya laporan efek samping berat berupa pembentukan gumpalan darah pada sejumlah penerima vaksin.

Denmark menangguhkan penggunaan vaksin AstraZeneca selama dua minggu setelah seorang wanita berusia 60 tahun mengalami pembentukan gumpalan darah dan meninggal. Vaksin tersebut berasal dari batch yang sama yang digunakan di Austria.

Austria sebelumnya menghentikan penggunaan vaksin AstraZeneca karena kasus kematian akibat gangguan gumpalan darah dan penyakit paru. Selain itu, negara-negara di Eropa lainnya memberikan laporan kemungkinan efek samping serius setelah penggunaan vaksin tersebut. 

“Saat ini tidak mungkin untuk menyimpulkan apakah ada kaitannya. Kami bertindak lebih awal, itu perlu diselidiki secara menyeluruh, ”kata Menteri Kesehatan Denmark Magnus Heunicke seperti dilansir dari Reuters pada Kamis (11/3.

AstraZeneca berencana mengirim 2,6 juta dosis ke Denmark dalam beberapa bulan mendatang. Namun, baru 138.148 warga Denmark yang telah menerima suntikan vaksin AstraZeneca di negara berpenduduk 5,8 juta tersebut. 

Dengan adanya peristiwa tersebut, vaksinasi di Denmark terhambat. Otoritas Kesehatan Denmark memperkirakan proses vaksinasi semua warga Denmark akan diundur empat minggu hingga 15 Agustus 2021. Selama penyelidikan, Denmark akan menggunakan vaksin dari Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Adapun Norwegia memutuskan menghentikan sementara penggunaan vaksin AstraZeneca. Institut Kesehatan Masyarakat Norwegia (FHI) tidak menyebutkan berapa lama masa pengangguhan akan berlangsung.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di FHI Geir Bukholm mengatakan pihaknya akan memutuskan secara hati-hati terkait penggunaan kembali vaksin tersebut. "Menunggu informasi untuk melihat apakah ada hubungan antara vaksinasi dan kasus ini dengan pembekuan darah," kata Bukholm.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...