Sejumlah Negara Kembali Gunakan Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca

Image title
19 Maret 2021, 12:53
vaksin virus corona, astrazeneca, uni eropa, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
ANTARA FOTO/REUTERS/Yves Herman/AWW/sa.
Foto Yves Herman. Botol kosong vaksin COVID-19 Oxford/AstraZeneca terlihat di pu vaksinasi di Antwerpen, Belgia, Kamis (18/3/2021). Sejumlah negara Eropa kembali menggunakan vaksin virus corona yang dikembangkan AstraZeneca.

Regulator Obat Uni Eropa (EMA) menyatakan vaksin virus corona yang dikembangkan AstraZeneca aman dan efektif melawan Covid-19. Meskipun terjadi beberapa kasus pembekuan darah yang dialami orang yang menerima vaksin tersebut. 

Sejumlah negara pun kembali menggunakan vaksin AstraZeneca. Jerman, Prancis, dan negara-negara Eropa lainnya telah mengumumkan rencana untuk melanjutkan penggunaan vaksin tersebut.

Advertisement

Departemen Kesehatan Kanada juga mengatakan telah menilai data yang tersedia tentang kejadian tersebut dan menyatakan vaksin AstraZeneca tidak terkait dengan peningkatan risiko penggumpalan darah secara keseluruhan. "Departemen Kesehatan Kanada menegaskan bahwa manfaat vaksin AstraZeneca dalam melindungi warga dari COVID-19 lebih besar daripada risikonya," kata regulator dalam sebuah pernyataan yang dilansir dari Reuters pada Jumat (19/3).

Sampai saat ini, Kanada mencatat adasatu laporan tentang stroke yang terjadi pada individu setelah vaksinasi. Kasus tersebut telah dinilai oleh Departemen Kesehatan Kanada dan dinyatakan tidak terkait dengan vaksin.

Adapun Kanada menggunakan vaksin AstraZeneca yang dibuat di Serum Institute of India. Negara tersebut telah menerima 500.000 dosis dan berharap mendapatkan 1,5 juta lebih pada Mei 2021.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement