Kemenkes Bakal Gunakan Vaksin AstraZeneca Mulai Pekan Depan

Image title
19 Maret 2021, 14:14
vaksin virus corona, astrazeneca, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, kementerian kesehatan, gerakan 3M
AstraZeneca
Ilustrasi vaksin virus corona dari AstraZeneca. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan Indonesia akan mulai menggunakan vaksin dari AstraZeneca pada pekan depan.

Kementerian Kesehatan memutuskan menggunakan vaksin virus corona dari AstraZeneca mulai pekan depan. Keputusan itu diambil setelah Europian Medicines Agency (EMA) menyatakan vaksin Covid-19 tersebut aman dan efektif.

Selain itu, Medicines and Healthcare product Regulatory Agency (MHRA) dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO juga merekomendasikan vaksin tersebut. Pasalnya, manfaat vaksin lebih besar dibandingkan risiko berupa penggumpalan darah.

Advertisement

"Sudah dikonfirmasi oleh MHRA, itu semacam BPOM di London, EMA, dan WHO, insya Allah minggu depan kami mulai distribusi dan vaksinasi dengan vaksin AstraZeneca," kata Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin dalam konferensi pers secara daring pada Jumat (19/3).

Indonesia telah menerima sekitar 1,1 juta dosis vaksin AstraZeneca dari COVAX. Vaksin tersebut tiba di tanah air pada 8 Maret 2021.

Kemudian, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memberikan izin penggunaan darurat untuk vaksin AstraZeneca. Namun belakangan BPOM merekomendasikan penundaan penggunaan vaksin tersebut hingga ada rekomendasi terbaru dari WHO.

WHO bersama EMA pun mempelajari kasus pembekuan darah yang terjadi pada penerima vaksin AstraZeneca di Eropa. Dari hasil kajian tersebut, EMA dan WHO menyatakan vaksin AstraZeneca aman bagi masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement