Jangan Lengah, Kasus Positif Covid-19 Kembali Naik Pekan Ini

Image title
23 Maret 2021, 18:37
satgas covid-19, virus corona, covid-19, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3M
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas ambulan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat mengantar jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Kasus positif Covid-19 kembali meningkat pada pekan ini.

Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan penambahan kasus positif untuk pertama kalinya meningkat pada pekan ini. Padahal kasus Covid-19 selama empat minggu sebelumnya terus turun.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito, mengatakan kenaikkan kasus baru pada pekan ini mencapai 2,3%. Meskipun angkanya kecil, namun penambahan kasus positif seharusnya terus ditekan.

Terutama provinsi di Pulau Jawa yang telah menerapkan PPKM mikro.  Pasalnya, tiga dari lima provinsi yang menyumbang kasus tertinggi pekan ini berasa dari pulau tersebut. Kelima provinsi tersebut yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Kalimantan Tengah. 

Satgas Penangan Covid-19 juga mencatat angka kematian meningkat 10% pada pekan ini. Angkanya lebih  besar dibandingkan pekan lalu yang naik sebesar 5,45%.

Mayoritas angka kematian pada pekan ini berasal dari Jawa Timur, Banten, Lampung, Sulawesi Tengah, dan Jambi. "Dalam dua minggu berturut-turut angka kematian terus naik," ujar dia. 

Di sisi lain, angka kesembuhan justru turun sebesar 0,7%. Menurut Wiku, angka kesembuhan telah turun selama enam pekan berturut-turut. Padahal kasus sembuh seharusnya terus meningkat setiap minggu. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...