YouTube Luncurkan Fitur Baru untuk Tingkatkan Pendapatan Youtuber

Cindy Mutia Annur
12 Juli 2019, 15:01
youtube, youtuber, fitur baru youtube
Arief Kamaludin | Katadata
Ilustrasi, logo YouTube. Tahun lalu YouTube meluncurkan tiga fitur untuk meningkatkan pendapatan youtuber. Ketiga fitur tersebut yakni, keanggotaan saluran (memberships), rak barang dagangan (merchandise shelves), dan pemutaran perdana (premieres).

YouTube meluncurkan berbagai fitur terbaru untuk meningkatkan pendapatan bagi para pembuat kontennya alias youtuber. Ada tiga fitur terbaru dari YouTube, yakni super stiker, level, dan learning playslist. Tiga fitur tersebut melengkapi fitur yang telah diluncurkan YouTube tahun lalu, seperti keanggotaan saluran (memberships), rak barang dagangan (merchandise shelves), dan pemutaran perdana (premieres). 

Super stiker merupakan fitur yang digunakan untuk melengkapi fitur monetisasi yang telah ada sebelumnya yakni super chat.  Fitur ini yang akan meluncur dalam beberapa bulan ke depan. Nantinya, penggemar akan dapat membeli stiker animasi selama siaran langsung video dan pemutaran perdana untuk menunjukkan kepada pembuatnya betapa mereka menyukai konten tersebut.

Menurut TechCrunch, Jumat (12/7),  fitur super stiker  terinspirasi dari emotes dan cheermotes situs Twitch, yang juga membawa stiker animasi ke dalam obrolan sebagai cara mendukung pembuat video. Namun, fitur stiker super YouTube akan memiliki berbagai bahasa dan kategori, termasuk permainan, mode dan kecantikan, olahraga, musik, makanan, dan lainnya.

Sejak diluncurkan Januari 2017 lalu, super chat telah memungkinkan penggemar membayar untuk membuat pesan mereka 'menonjol' selama live streaming atau pemutaran perdana YouTuber.

(Baca: Tips Sukses YouTuber: Ciptakan Konten yang Autentik)

YouTube mencatat, fitur super chat merupakan sumber pendapatan nomor satu di hampir 20 ribu salurannya, dengan peningkatan 65% secara tahunan (yoy). Hingga kini, super chat telah digunakan lebih dari 90 ribu saluran. Bahkan beberapa saluran telah menghasilkan lebih dari US$ 400 per menit berkat fitur tersebut.

Fitur terbaru kedua dari YouTube adalah level. Pembuat konten dapat menetapkan hingga lima poin harga yang berbeda untuk keanggotaan, masing-masing dengan tunjangan mereka sendiri. Fitur ini sudah diuji oleh YouTuber terpilih, termasuk Fine Brothers Entertainment di saluran REACT mereka. Menurut YouTube, pendapatan keanggotaan saluran mereka meningkat enam kali lipat setelah mereka meluncurkan dua tingkatan harga yang lebih mahal.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...