Perluas Jaringan, AKR BP Operasikan Dua SPBU Baru di Surabaya

Hingga akhir tahun, AKR menargetkan bisa membangun 18-20 SPBU bermerek BP.
Image title
Oleh Febrina Ratna Iskana
21 Oktober 2019, 15:28
AKR Corporindo, BP
AKR Corporindo
AKR BP meresmikan pembukaan SPBU baru di Subaraya pada Senin (21/10). Saat ini, AKR BP memiliki 12 SPBU yang tersebar di Jabodetabek dan Surabaya.

PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) melalui perusahaan patungan dengan BP, Aneka Petroindo Raya (APR), terus memperluas jaringan SPBU. Perusahaan kembali menambah dua SPBU AKR BP di Surabaya.

Komisaris APR sekaligus Direktur AKR Suresh Vembu mengatakan SPBU AKR BP yang baru berlokasi di jalan Pemuda dan jalan Margorejo, Surabaya. Totalnya, APR telah  mengoperasikan 12 SPBU di Indonesia yang terdiri dari delapan SPBU di Jabodetabek dan empat SPBU di Surabaya.

AKR BP menawarkan tiga kelas bensin di SPBU, yaitu BP90, BP92 dan BP95. BP90 dijual seharga Rp 8.750 per liter, BP 92 dijual Rp 9.850 per liter, dan BP95 dijual seharga Rp 11.200 per liter.

Suresh menyebut perusahaan tidak akan berenti membangun SPBU BP-AKR. Pasalnya, perusahaan tersebut memiliki rencana membuka sekitar 350 SPBU di Indonesia selama 10 tahun ke depan.

"Target hingga akhir tahun sebanyak 18 sampai 20 lokasi SPBU BP AKR," ujar Suresh ke Katadata pada Senin (21/10).

(Baca: AKR Corporindo Mulai Jualan Avtur di Bandara Indonesia Timur)

Pada Agustus lalu, APR membuka SPBU kesepuluh di Rest Area jalan tol Cipularang arah Jakarta-Bandung KM 72 A. APR bertarung langsung dengan Pertamina yang terlebih dahulu memiliki SPBI di wilayah tersebut.

Selain di Cipularang, APR membangun SPBU di De Latinos-Serpong, Jababeka - Cikarang, Cibubur - Jakarta Timur, Bintaro -Tangerang Selatan, Mendrisio Paramount - Gading Serpong, Telukjambe - Karawang, Kota Harapan Indah – Bekasi, dan dua SPBU di Surabaya yang berada di Gubeng dan Kertajaya.

Rencana tersebut didukung oleh kemampuan logistik dan infrastruktur AKR di seluruh kepulauan Indonesia. Di sisi lain, BP memang bukan pemain baru dalam bisnis hilir migas dunia. Sebelum membuka di Indonesia, BP sudah mengoperasikan SPBU di banyak negara. Saat ini BP telah memiliki lebih dari 18 ribu unit SPBU di 20 negara di seluruh dunia.

(Baca: Bersaing dengan Pertamina, AKR - BP Buka SPBU Ke-10 di Tol Cipularang)

Video Pilihan

Artikel Terkait