Jelang Lebaran, BTN Siapkan Dana Tunai hingga Rp 12,15 Triliun

BTN menyiapkan uang tunai untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan selama lebaran.
Image title
18 Mei 2020, 13:33
BTN, BBTN, uang, lebaran
Ilustrasi, kegiatan di kantor cabang BTN. PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menyiapkan uang tunai Rp 12,15 triliun untuk kebutuhan selama Lebaran.

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN mengalokasikan uang tunai senilai Rp 12,15 triliun untuk Lebaran tahun ini. Perusahaan yakin kebutuhan masyarakat akan uang tunai cukup tinggi meski pandemi corona.

Direktur Utama Bank BTN Pahala N. Mansury mengatakan masyarakat sebenarnya telah memanfaatkan transaksi onlie melalui mobile banking  atau ATM. Namun, sebagian masyarakat tetap memerlukan uang tunai untuk menjalankan tradisi perayaan Idul Fitri.

Oleh karena itu, perusahaan mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai selama Lebaran. Perusahaan pun memprediksi kebutuhan uang tunai meningkat pada H-5 hingga H+3 setelah Idul Fitri atau kurang lebih 9 hari. 

“Untuk menjawab kebutuhan itu, BTN sudah siapkan Rp12,15 triliun yang dapat diakses langsung melalui ATM atau beberapa kantor cabang BTN yang buka secara terbatas,” kata Pahala dalam siaran persnya, dikutip, Senin (18/5). 

Advertisement

Pahala menambahkan, 30% dari dana yang disiapkan tersebut atau sekitar Rp 3,64 triliun bisa diakses melalui ATM. Sedangkan Rp 8,50 triliun digunakan untuk kesiapan kas di Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas.

(Baca: Penyaluran KPR Flat Saat Pandemi, BTN Pangkas Target Kredit Tahun Ini)

(Baca: Laba Bersih Triwulan I BTN Anjlok 36% Imbas Corona, NPL Capai 4,9%)

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, Pahala menambahkan, beberapa kantor cabang BTN tetap dibuka untuk melayani masyarakat. Seluruh layanan operasional tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Masyarakat masih ada yang mau datang ke bank dan kami tetap layani mereka dengan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan,” ujarnya.

Di sisi lain, dia memprediksi akan terjadi lonjakan transfer dana lewat aplikasi digital banking. Mengantisipasi hal tersebut, BTN terus meningkatkan fitur dan performa digital banking agar masyarakat lebih mudah dan cepat dalam bertransaksi.

BUMN itu mencatat jumlah transaksi mobile banking meningkat lebih dari 30% pada Maret 2020 dibanding posisi Maret 2019. Tercatat jumlah transaksi melalui mobile banking BTN hingga 31 Maret 2020 sebanyak 5,7 juta transaksi dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 4,3 transaksi.

(Baca: BTN Siapkan Rp 22 Triliun untuk KPR Subsidi Selisih Bunga)

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait