IHSG Hari Ini Diproyeksi Naik, Saham Bank BUMN Jadi Rekomendasi

IHSG diprediksi berada di zona hijau pada perdagangan hari ini karena optimisme terhadap perkembangan vaksin corona. Saham bank BUMN pun jadi rekomendasi.
Image title
20 Mei 2020, 06:48
ihsg, saham, bursa, perbankan, bumn, corona, covid-19
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp.
Ilustrasi, layar pergerakan Indek Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. IHSG pada Rabu (20/5) diproyeksi naik karena optimisme perkembangan vaksin corona.

Indeks harga saham gabungan atau IHSG diprediksi naik pada perdagangan Rabu (20/5). Hal itu dipicu optimisme perkembangan vaksin Covid-19.

Pergerakan indeks saham pada hari ini diproyeksi melanjutkan pergerakan IHSG kemarin yang ditutup naik 0,83% menjadi 4.548,66. Analis Artha Sekuritas Indonesia Dennies Christoper Jordan menilai potensi penguatan IHSG secara teknikal memang masih terbuka.

"Pergerakan IHSG akan didorong oleh optimisme terkait perkembangan positif vaksin corona," kata Dennies.

Dia pun memprediksi IHSG pada Rabu (20/5) bakal menguat dengan area resistance di level 4.648-4.599 dan area support di rentang 4.510-4.470. Adapun saham yang menjadi rekomendasi Dennies untuk perdagangan hari ini, di antaranya Telekomunikasi Indonesia (TLKM), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), dan Wijaya Karya (WIKA).

Advertisement

Analis Indosurya Sekuritas William Surya Wijaya juga menilai IHSG hari ini bakal bergerak di zona hijau. Menurutnya, rentang pergerakan indeks domestik hari ini berada di antara 4.287-4.648.

(Baca: Investor Kecewa BI Tak Pangkas Bunga, IHSG Hari Ini Hanya Naik 0,83%)

(Baca: Meski IPO Tercatat Tinggi, Rata-rata Nilai Transaksi Indonesia Turun)

William menambahkan, pergerakan IHSG saat ini berada dalam fase teknikal rebound. Meksi begitu, potensi tekanan masih cukup besar karena derasnya capital outflow.

"Di sisi lain, kuatnya fundamental perekonomian Indonesia dapat menjadi penopang bagi kenaikan IHSG. Sehingga IHSG hari ini berpotensi bergerak pada zona hijau," kata William.

Beberapa saham yang menjadi rekomendasi William, di antaranya Indofood Sukses Makmur (INDF), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Bank Negara Indonesia (BBNI), Telekomunikasi Indonesia (TLKM), Indofood CBP Sukses Makmur (ICBP), Astra Agro Lestari (AALI), Wijaya Karya (WIKA), dan Astra International (ASSI).

Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama justru memprediksi IHSG hari ini bergerak di zona merah. "(Secara teknikal) mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar pada pergerakan IHSG," katanya.

Area support pertama maupun kedua berada pada level 4.443 hingga 4.318. Sedangkan resistance pertama maupun kedua memiliki rentang di antara 4.747 hingga 4.975.

Adapun rekomendasi saham dari Nafan yang dapat menjadi pertimbangan investor, yaitu Bank Negara Indonesia (BBNI), Bank CIMB Niaga (BNGA), Indika Energy (INDY), Matahari Department Store (LPPF), dan Wijaya Karya Bangunan Gedung (WEGE).

(Baca: Pikul Beban Baru sebagai Bank Jangkar, Harga Saham Bank Kakap Anjlok)

Reporter: Ihya Ulum Aldin
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait